Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa di Yogyakarta
RIZKY SATYA RAMADHAN, Dra. Neni Pancawati, M.Si.
2018 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMENPasar daring telah menjadi tren baru di sektor bisnis terutama bagi kalangan mahasiswa, namun semakin banyak pasar daring baru yang bermunculan, maka dibutuhkanlah cara untuk bersaing mendapatkan konsumen yaitu menggunakan promosi, salah satu promosi yang bisa dilakukan adalah promosi gratis ongkos kirim yang telah digunakan Shopee untuk menarik konsumen terutama mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi gratis ongkos kirim Shopee terhadap keputusan pembelian mahasiswa di Yogyakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapatkan menggunakan kuesioner. Responden dipilih menggunakan metode convenience sampling. Penelitian ini menggunakan pengujian regresi linier sederhana. Penelitian ini menjawab bahwa promosi gratis ongkos kirim Shopee berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa di Yogyakarta sebesar 29%.
Online marketplace become new trend in business sector especially for students consumer, but new online marketplace industries are increasing nowadays, so promotion methods are needed to attract rival consumer. Shopee has using free shipping promotion to attract consumer especially students. This essay aim to discover the influence of free shipping promotion Shopee towards purchase decision students in Yogyakarta. This essay using survey method to obtain the data and the respondents are chosen with convenience sampling method. This essay using simple linear regression test and reveal the answer that free shipping promotion Shopee are significantly influencing the purchase decision students in Yogyakarta in amount of 29%.
Kata Kunci : Promosi Gratis Ongkos Kirim, Keputusan Pembelian, Shopee.