Motivasi Penggunaan dan Tingkat Kepuasan terhadap Media Sosial (Studi Komparatif antara BBM, WhatsApp, dan LINE pada Mahasiswa Bogor)
FITRIA ANANTA R, Mufti Nurlatifah, S.I.P., M.A.
2018 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASIBerkembangnya media baru semakin memunculkan berbagai jenis aplikasi media yang memudahkan penggunanya untuk saling berinteraksi. Salah satu aplikasi yang paling banyak bermunculan, ialah aplikasi pesan singkat. Blackberry Messenger, LINE, dan WhatsApp pun menjadi aplikasi pesan singkat yang paling digemari oleh para pengguna media. Munculnya berbagai aplikasi tersebut mebuat mereka saling bersaing untuk menarik minat pengguna media untuk menjadikan aplikasi mereka sebagai pilihan utama dalam berkomunikasi. Mahasiswa di Kota Bogor pun menjadi salah satu pengguna media yang cukup besar di Indonesia. Karenanya, dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi serta tingkat kepuasan mahasiswa di Kota Bogor dalam menggunakan aplikasi Blackberry Messenger, LINE, ataupun WhatsApp. Serta, melihat aplikasi manakah dari ketiganya yang paling mampu memenuhi baik dari segi motif maupun kepuasan para penggunanya. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan 300 kuesioner kepada mahasiswa aktif yang berada di Kota Bogor dengan teknik pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi LINE menjadi aplikasi yang paling diunggulkan untuk digunakan, LINE mampu memenuhi motivasi para penggunanya. Baik dari faktor personal, kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, maupun kebutuhan hiburan, ataupun dari faktor situasional, seperti kebutuhan integrasi personal maupun integrasi sosial. Selain ini, kepuasan yang didapatkan dari penggunaan LINE, membuat para penggunanya menjadikan LINE sebagai pilihan utama mereka dalam berkomunikasi hingga merekomendasikan aplikasi tersebut kepada pengguna media lainnya.
The development of new media increasingly raises various types of media applications that make it easier for users to interact with each other. One of the most emerging applications is instant messengers. Blackberry Messenger, LINE, and WhatsApp are the applications of instant messengers which the most favored by media users. The emergence of various applications makes those applications compete with each others to attract media users to make their application as the main choice in communicating. College students of Bogor became one of the big media users in Indonesia. Therefore, this research aims to determine the motivation and level of satisfaction along the college students of Bogor in using Blackberry Messenger, LINE, and/or WhatsApp. Also, to see which application of the three is the most able to fulfill both in terms of motives and satisfaction of its users. This research used survey method by distributing 300 questionnaires to active college students in Bogor and used simple random sampling technique to select the research samples. The results of this study indicate that the LINE application is the most favored application to use because it is able to meet the motivation of its users, both from personal factors, such as cognitive needs, affective needs, and entertainment needs, or from situational factors, such as personal integration needs and social integration needs. In addition to this, the satisfaction gained from using LINE, makes its users make LINE as their first choice in communicating, also to recommend this application to other media users.
Kata Kunci : pesan singkat, Blackberry Messenger, LINE, WhatsApp, media baru, motif, kepuasan / instant messengers, Blackberry Messenger. LINE, WhatsApp, new media, motive, satisfaction.