Laporkan Masalah

KEPUASAN KONSUMEN DAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK "ATELIER HANABIRA" FLORIST

GERALDO HERAWAN F, Ir. Suharno, M.Eng., M.Eng.Sc.; Dr. Nafis Khuriyati, STP., M.Agr.

2018 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Instagram merupakan media sosial yang dapat digunakan sebagai media pemasaran. Beberapa florist di Yogyakarta telah menggunakan Instagram untuk kegiatan pemasaran produknya, salah satunya adalah Atelier Hanabira. Namun Efektivitas Instagram sebagai media pemasaran masih belum diketahui, sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas Instagram sebagai media pemasaran Atelier Hanabira dan membandingkan efektivitas Instagram pada Floweridea dan Mekar Florist. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui tingkat efektivitas kepuasan Atelier Hanabira berdasarkan variabel 7P. Pada penelitian ini Atelier Hanabira merupakan obyek utama, sedangkan Floweridea dan Mekar Florist merupakan obyek pembanding. Penelitian ini dilakukan dengan cara survei terhadap 241 responden untuk pengukuran tingkat efektivitas Instagram dan 255 responden untuk pengukuran tingkat kepuasan konsumen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Efektivitas Instagram sebagai media pemasaran menggunakan metode Customer Response Index (CRI) dan pengukuran tingkat kepuasan konsumen menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian ini adalah pengukuran CRI pada Atelier Hanabira, menyatakan bahwa penggunaan Instagram sebagai media pemasaran adalah efektif. Sedangkan pengukuran CRI pada Floweridea dan Mekar Florist, menyatakan bahwa penggunaan Instagram sebagai media pemasaran adalah tidak efektif. Nilai Customer Satisfaction Index (CSI) Atelier Hanabira sebesar 72,02%. Nilai tersebut termasuk dalam kategori puas dan terdapat 5 variabel pada kuadran I diagram Importance Performance Analysis (IPA).

Instagram is a social media that can be used as a marketing media. Several florists in Yogyakarta have been using Instagram to market their products, one of them is Atelier Hanabira. However the effectiveness of Instagram as a marketing media remains unclear. The aim of this study is to compare the effectiveness of Instagram as a marketing media on Atelier Hanabira, Floweridea and Mekar Florist. Another purpose of this study is to find out the satisfaction level of Atelier Hanabira customers based on the 7P variable. Atelier Hanabira is the main object of this study, while Floweridea and Mekar Florist are the comparison objects. The study was done by doing a survey to measure the level of the effectiveness of Instagram (241 respondents) and the level of consumers satisfaction (255 respondents). The purposive sampling technique was used on this study. The effectiveness of Instagram as a marketing media was measured by using the Customer Response Index (CRI) method. The Customer Satisfaction Index (CSI) method and the Importance Performance Analysis (IPA) method were also used to measure the level of consumers satisfaction. The results of this study showed that the use of Instagram as a marketing media by the CRI method was found effective on Atelier Hanabira, but not on Floweridea and Mekar Florist. The value of the Customer Satisfaction Index (CSI) on Atelier Hanabira was 72.02%. It was included in the "satisfied" category and there were 5 variables in the quadrant I of the Importance Performance Analysis (IPA) diagram.

Kata Kunci : Florist, Efektivitas, Instagram, AISAS, Customer Response Index, IPA, CSI, Kepuasan Konsumen

  1. S1-2018-348740-abstract.pdf  
  2. S1-2018-348740-bibliography.pdf  
  3. S1-2018-348740-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2018-348740-title.pdf