Laporkan Masalah

SENTRA BISNIS BAKPIA PATHOK 25 DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS

INTAN KUMALA DEWI, Prof. Dr. Lasiyo, MA, MM

2018 | Skripsi | S1 FILSAFAT

Penelitian ini berjudul Sentra Bisnis Bakpia Pathok 25 dalam Perspektif Etika Bisnis, penelitian ini berobjek material Bakpia Pathok 25 dan dianalisis menggunakan objek formal etika bisnis. Bakpia Pathok 25 merupakan perusahaan yang bergerak dibidang bisnis oleh-oleh khas Yogyakarta. Bisnis yang dijalankan oleh Bakpia Pathok 25 dapat dikategorikan sebagai bisnis yang baik dikarenakan mereka dapat mengembangkan dan mempertahankan bisnis yang mereka jalankan dengan baik semenjak tahun 1948 hingga saat ini. Ditengah banyaknya kasus kecurangan yang terjadi dalam bisnis Bakpia Pathok 25 dapat memberikan sebuah contoh kepada masyarakat bahwa bisnis yang mereka lakukan bukan bisnis yang curang melainkan bisnis yang jujur dan transparan. Penelitian ini merupakan penelitian mengenai masalah aktual yang dilakukan melalui studi pustaka dan wawancara. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu, inventarisiasi dan kategorisasi,klasifikasi dan pengolahan data, serta penyusunan penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, verstehen, interpretasi, heuristik, dan hermeneutika. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Sentra Bisnis Bakpia Pathok 25 dalam membangun bisnisnya tidak main-main mereka sangat mengutamakan produk yang mereka jual merupakan produk yang baik dan dibuat dengan standarisasi mutu yang sudah ditentukan mulai dari cara pembuatan, kebersihan, dan diproduksi dengan bahan baku yang bermutu. Promosi yang dilakukan oleh Bakpia Pathok 25 adalah promosi yang dilakukan secara besar-besaran dan metode promosi yang mereka gunakan sebelumnya belum pernah terpikirkan oleh kompetiitor-kompetitor yang lain. Bakpia Pathok 25 juga turut berkontribusi dalam perekonomian masyarakat sekitar Kecamatan Pathuk Yogyakarta. Bakpia Pathok 25 tidak lupa dengan tanggung jawab kepada masyarakat, lingkungan, dan pemerintah demi kemajuan bisnisnya, dan etika bisnis memberikan landasan terhadap Bakpia Pathok 25 untuk mengedepankan sikap etis dalam menjalankan bisnisnya.

The research entitled Bakpia Pathok 25 Business Centers in Perspective of Business Ethics, mocked material is Bakpia Pathok 25 and analyzed by mocked formal business ethics. Bakpia Pathok 25 is a company engaged in the business of special food of Yogyakarta. the business runs by Bakpia Pathok 25 can be categorized as a good business because they can develop and maintain their business that they run since 1948 to the present. In the middle of the large number of fraud cases that occur in the business, Bakpia Pathok 25 can show the community that they do not run dirty business but rather they do a honest and transparant business. This research is a research about actual problem which done through literature study and interview. The steps of research are done through the steps, namely, inventory and categorization, classification and data processing, and research preparation. Data analysis in this research using descriptive, verstehen, interpretation, heuristic, and hermeneutika. The results of this research show that Bakpia Pathok 25 Business Centers in running their business very seriously and they give priority to products that they sell is a product that made with quality standardization of the already determined ranging from preparation, hygiene, and produced with quality raw materials. Bakpia Pathok 25 conduct massive promotions with promotional method that hasn�t been thought of by other competitors.Bakpia Pathok 25 also contribute to the economy of comunities around the Pathuk Subdistrict. Bakpia Pathok 25 not forget the responsibility to society, environment, and the government for the progress of their business, and business ethics provides a foundation for Bakpia Pathok 25 to promote ethical stance.

Kata Kunci : Bakpia Pathok 25, etika bisnis, jujur, transparan

  1. S1-2018-368714-abstract.pdf  
  2. S1-2018-368714-bibliography.pdf  
  3. S1-2018-368714-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2018-368714-title.pdf