Laporkan Masalah

Pengaruh Perbedaan Ekspektasi Karyawan terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional

KARTIKA N JATI, Ragil Sriharto S.E., M.M.

2018 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

Perbedaan ekspektasi karyawan merupakan salah satu hal yang banyak dihadapi oleh karyawan saat bekerja. Adanya perbedaan antara apa yang diekspektasikan sebelum bekerja dan apa yang dialami saat bekerja dapat berpengaruh pada kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi mengenai adanya pengaruh perbedaan ekspektasi karyawan terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasional. Penelitian ini menggunakan 223 sampel karyawan baru di Indonesia yang memiliki latar belakang sebagai lulusan perguruan tinggi dan generasi Y. Hipotesis dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa perbedaan ekspektasi karyawan berpengaruh signifikan pada kepuasan kerja dan komitmen organisasional. Perbedaan ekspektasi yang dimiliki karyawan dapat memengaruhi kepuasan kerja dan komitmen organisasional secara negatif, sehingga semakin besar perbedaan ekspektasi karyawan maka semakin rendah kepuasan kerja dan komitmen organisasionalnya.

Expectation gaps can be faced by any employees at work. Expectation gaps occur when there are differences between what are expected before employees start working and what are experienced during work, and it may cause some impacts toward employees' job performances. This research aims to conduct a study about the effects of employees' expectation gaps toward job satisfaction and organizational commitment. This research uses 223 samples of new employees in Indonesia who are university/college graduates and Y generation. Hypotheses are analyzed using simple linear regression tests. Based on the result of this research, expectation gaps have significant impacts on job satisfaction and organizational commitment. Expectation gaps affect job satisfaction and organizational commitment negatively, thus the greater expectation gaps are experienced, employees will have lower job satisfaction and organizational commitment levels.

Kata Kunci : Perbedaan Ekspektasi, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional

  1. S1-2018-348402-abstract.pdf  
  2. S1-2018-348402-bibliography.pdf  
  3. S1-2018-348402-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2018-348402-title.pdf