HUBUNGAN KIAI HAJI MA'RUF ISLAMUDDIN SEBAGAI PEMBIMBING IBADAH UMRAH DAN PEMBELIAN PAKET UMRAH DI PT. MULIA WISATA ABADI
MUHAMMAD IHYA A, Ghifari Yuristiadhi M M, S.S., M.A.
2018 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATATugas Akhir ini membahas tentang hubungan endorser dan keputusan pembelian paket umrah di PT. Mulia Wisata Abadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara KH. Ma'ruf Islamuddin dan keputusan pembelian paket umrah di PT. Mulia Wisata Abadi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang disajikan secara deskriptif yang terdiri dari uji deskriptif, uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis menggunakan alat analisis korelasi dimana endorser sebagai variabel x sedangkan keputusan pembelian sebagai variabel y. Populasi dari penelitian ini adalah jamaah PT. Mulia Wisata Abadi pada bulan Desember 2017 - April 2018, yang dibimbing oleh KH. Ma'ruf Islamuddin yang berjumlah 38 orang. Jenis dan sampel merupakan purposive sampel dengan jumlah 37 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner, studi dokumen, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil dari analisis varians, diperoleh hasil bahwa jika nilai signifikan < 0,05 maka dapat dinyatakan ada hubungan antara variabel x dan variabel y. Hasil dari tabel analisis varians menunjukan bahwa nilai signifikan 0,96 > 0,05 maka dengan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa tidak ada hubungan antara variabel x dan variabel y. Sehingga secara kuantitatif endorsmen KH. Ma'ruf Islamuddin yang dilakukan oleh PT. Mulia Wisata Abadi tidak ada hubungan degan keputusan pembelian.
This Final Report discusses the relationship between endorser and purchasing decision of umrah package at PT. Mulia Wisata Abadi. This study aims to determine whether there is a relationship between KH. Ma'ruf Islamuddin and Umrah package purchasing decisions at PT. Mulia Wisata Abadi. This research is quantitative research which presented descriptively consist of descriptive test, normality test, linearity test and hypothesis test using correlation analysis tool where endorser as variable x while purchasing decision as variable y. The population of this study is pilgrims PT. Mulia Wisata Abadi in December 2017 - April 2018, which is guided by KH. Ma'ruf Islamuddin which amounted to 38 people. Types and samples are purposive sample with a total of 37 people. Methods of data collection in this study are questionnaires, document studies, and literature study. Based on the result of variance analysis, it is obtained that if significant value <0,05 then it can be stated there is relationship between variable x and variable y. The result of variance analysis table shows that significant value 0,96> 0,05 hence with the result can be stated that there is no relation between variable x and variable y. So that quantitatively endorsmen KH. Ma'ruf Islamuddin conducted by PT. Mulia Wisata Abadi has no relationship with the purchase decision.
Kata Kunci : keputusan pembelian, endorser, pengaruh, nilai signifikan, PT. Mulia Wisata Abadi