UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN ARRAYAH WA ALBARAAH DALAM ANTOLOGI CERPEN 23 QISSAH QASIRAH KARYA MAJID TUBIYA: ANALISIS STRUKTURAL ROBERT STANTON
AHMAD ZAKI ROHIM, Dr. Hindun, M. Hum.
2018 | Skripsi | S1 SASTRA ARABPenelitian ini membahas tentang unsur-unsur intrinsik cerpen Arrayah wal Baraah dalam antologi cerpen 23 Qissah Qasirah karya Majid Tubiya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural Robert Stanton. Unsur-unsur intrinsik yang dibahas dalam skripsi ini mencakup fakta cerita yang terdiri atas karakter, alur, dan latar, kemudian tema, serta sarana-sarana sastra yang terdiri atas judul, sudut pandang, gaya dan tone. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tokoh utama dalam cerpen ini adalah tokoh Aku, seorang murid dari sebuah sekolah yang akan berganti kepemimpinan kepala sekolahnya. Tokoh tambahannya adalah Nadia sebagai kekasihnya, kepala sekolah lama, kepala sekolah baru, dan teman-teman sekolah dari tokoh Aku. Cerpen ini memiliki alur maju atau progresif. Cerpen ini memiliki latar tempat yakni di sekolah, latar waktu yakni saat jam pelajaran sekolah berlangsung.Tema dalam cerpen ini adalah peraturan yang terlalu keras dalam suatu instansi dapat menekan psikologis orang yang berada di dalamnya, sehingga menghambat untuk memperoleh suatu tujuan atau prestasi.Cerpen ini diceritakan dengan sudut pandang orang pertama-utama. Gaya dan tone dalam cerpen ini menggunakan bahasa yang sederhana, jelas, mudah dipahami, dan nadanya berwujud penuh perasaan. Masing-masing unsur intrinsik cerpen ini memiliki keterkaitan satu sama lain sehingga membentuk makna yang utuh.
This study examined the intrinsic elements of short story under the tittle: Arrayah wal Baraah in 23 Qissah Qasirah short story anthology of Majid Tubiya. This study used Robert Stanton analisys theory. The intrinsic elements that were examined are some facts about the story includes of: character, plot, setting, theme, and the tools of the story that include the totle, point of view, style and tone. The study conclude that the main character of this short story is I, one of student that the headmaster will be change the job tenure. The additional character is new headmaster, last headmaster, his school-friend,and Nadia as his girlfriend. The plot of the story is straight forward or progressive. The setting place is in the school, and the setting time is during school time.The theme of this short story is A rule that is too rigid and not flexible in an institution will put psychological pressure on people in it. Hence, it will obstruct an effort towards goals or achievement. The point of view is the first person. The language style and tone of Majid Tubiya in this story are simple, clear, easy to understanded, and the tone came in soulful. Each element is interrelated and they made the meaning more intact.
Kata Kunci : Majid Tubiya, 23 Qissah Qasirah, Struktural, Majid Tubiya, 23 Qissah Qasirah