Laporkan Masalah

ANALISIS MUTU DAN BIAYA MUTU (STUDI PADA PT ASELI DAGADU DJOKDJA)

NENENG WULANDARI, R.A Supriyono Prof., Dr., S.U., Ak., CA

2018 | Tesis | S2 Akuntansi

ANALISIS MUTU DAN BIAYA MUTU (Studi Pada PT Aseli Dagadu Djokdja) Neneng Wulandari Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta 55281, Indonesia INTISARI Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem mutu, biaya mutu dari tahun 2014-2016, dan faktor-faktor penyebab sistem mutu dan biaya mutu yang diduga belum baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Penelitian ini berpedoman pada ISO 9001:2015 untuk sistem mutu dan metode PAF untuk biaya mutu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di PT Aseli Dagadu Djokdja dalam konteks organisasi cukup baik, kepemimpinan cukup baik, perencanaan cukup baik, pendukung cu-kup baik, operasional sangat baik, evaluasi kinerja kurang baik, dan peningkatan sangat baik. Sedangkan, biaya mutu di PT Aseli Dagadu Djokdja dari tahun 2014-2016 bersifat fluktuatif, hal ini menunjukkan bahwa biaya mutu di PT Aseli Dagadu Djokjda belum efektif, dikarenakan melebihi batas optimal yang di-tentukan oleh pakar mutu, hal ini juga didukung oleh hasil kuesioner biaya mutu yang kurang baik. Faktor penyebab sistem mutu di PT Aseli Dagadu Djokjda be-lum baik dikarenakan tidak semua divisi menentukan isu-isu internal maupun eks-ternal, belum ada kebijakan mutu, divisi produksi dan divisi keuangan masih da-lam satu departemen, sumber daya manusia, informasi secara keseluruhan belum didokumentasikan dengan baik, belum ada audit internal mutu. Sedangkan, faktor penyebab biaya mutu belum baik yaitu tidak adanya pelaporan biaya mutu dan biaya yang dikeluarkan dalam rangka peningkatan biaya mutu belum efektif. Pe-nelitian ini hanya menggunakan biaya mutu yang dapat teriden¬tifikasi di PT Aseli Dagadu Djokdja, sehingga peneliti tidak menganalisis biaya mutu yang tersem-bunyi (hidden quality cost). Kata Kunci: Mutu, Sistem Mutu, Biaya Mutu, ISO 9001: 2015, PAF.

ANALYSIS OF QUALITY AND QUALITY COST (A Study on PT Aseli Dagadu Djokdja) Neneng Wulandari Magister of Accounting, Faculty of Economics and Business, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta 55281, Indonesia ABSTRACT This research aims to analyze the quality system, quality cost from 2014-2016, and the factors that cause the unsatisfactory quality system and quality cost. This is a qualitative research which uses a case study method. This research uses questionnaires, interviews, observation and documentation in collecting the data. This research follows the guidance of ISO 9001: 2015 for quality system and PAF method for quality cost. The results of this research show that PT Aseli Dagadu Djokdja, organizational context is satisfactory; leadership is satisfactory; planning is satisfactory; support is satisfactory; operational is excellent; performance evaluation is poor; and improvement is excellent. Whereas the quality cost at PT Aseli Dagadu Djokdja fluctuated from 2014 to 2016, this shows that quality cost at PT Aseli Dagadu Djokdja is not yet effective, because it exceeded the optimum limit set by quality experts, this is also supported by the unsatisfactory result of questionnaires. The factors that cause the unsatisfactory quality system at PT Aseli Dagadu Djokdja are the facts that not all divisions have set the internal as well as external issues; there is no quality policy is available; the production and finance divisions are placed in one department; human resource; overall information is not yet well documented; and that there is no internal quality audit. Whereas the factors that cause the unsatisfactory quality cost are the absence of quality cost reporting and the ineffective cost spent to improve quality cost. This research only uses identifiable quality costs at PT Aseli Dagadu Djokdja, therefore, the researcher doesn’t analyze hidden quality costs. Keywords: Quality, Quality System, Quality Cost, ISO 9001: 2015, PAF.

Kata Kunci : Mutu, Sistem Mutu, Biaya Mutu, ISO 9001: 2015, PAF

  1. S2-2018-402040-abstract.pdf  
  2. S2-2018-402040-bibliography.pdf  
  3. S2-2018-402040-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2018-402040-title.pdf