ANALISIS SWOT PRODUK PADA LOGAM MULIA PT ANTAM YOGYAKARTA
FERA ZUNITA SARI, Paramita Her Astuti, S.E., M.Sc
2018 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMEN SVABSTRAK Studi ini meneliti Analisis SWOT produk pada Logam Mulia PT Antam Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis SWOT yang terdiri dari kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) yang berasal dari faktor internal perusahaan, peluang (opportunity) dan ancaman (threat) yang berasal dari faktor eksternal perusahaan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode wawancara kepada 3 informan yang terdiri dari Manajer Representatif Logam Mulia PT Antam Yogyakarta, Staf/karyawan Logam Mulia PT Antam Yogyakarta dan Konsumen Logam Mulia PT Antam Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian, Logam Mulia PT Antam Yogyakarta memiliki kekuatan (Strength) yang lebih besar dibandingkan kelemahan (weakness), dan memiliki peluang (opportunity) yang lebih besar pula dibandingkan ancaman (threat). Berdasarkan analisis tersebut, Logam Mulia PT Antam Yogyakarta menempati diagram SWOT pada kuadran 1 yaitu SO (Strength Opportunity) sehingga perusahaan dapat memaksimalkan kekuatan perusahaan dengan adanya peluang yang dimiliki. Kata kunci: Analisis SWOT, lingkungan internal eksternal, kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan ancaman (threat)
ABSTRACT This study examines SWOT Analysis Product In Logam Mulia PT Antam Yogyakarta. The purpose of this research is to know SWOT Analysis consisting of strength and weakness which come from internal factor of company, opportunity and threat which come from external factor of company. In this research, the researcher used interviewmethods to 3 informants consisting of Representative Manager Logam Mulia PT Antam Yogyakarta, Staff /employees of Logam Mulia PT Antam Yogyakarta and Consumer Logam Mulia PT Antam Yogyakarta. Based on the results of the research, Logam Mulia PT Antam Yogyakarta has strength is greater than weakness, and have a greater opportunity also than threat. Based on the analysis, Logam Mulia PT Antam Yogyakarta occupies SWOT diagram at quadrant 1 that is SO (Strength Opportunity) so that company can maximize company strength with existence opportunity. Keywords: SWOT analysis, external internal environment, strength, weakness, opportunity and threat,  
Kata Kunci : Analisis SWOT, lingkungan internal eksternal, kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan ancaman (threat)