Laporkan Masalah

METODE TRANSAKSI ONLINE BUKALAPAK.COM DITINJAU DARI ETIKA BISNIS

BAYU WICAKSONO, Prof. Dr. Lasiyo, M.A, M.M

2018 | Skripsi | S1 ILMU FILSAFAT

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pandangan etis pada etika bisnis jual beli online di sebuah website e-commerce Bukalapak.com. Bisnis jual beli online atau yang dikenal dengan istilah e-commerce saat ini terus berkembang di Indonesia, bahkan banyak penjualan retail kalah saing sampai harus gulung tikar. Namun seiring dengan tren bisnis ini, kasus penipuan pada transaksi jual beli onlinepun juga mengalami peningkatan. Berdasarkan hal tersebut, maka latar belakang dari penelitian ini diambil dari banyaknya kasus penipuan pada transaksi jual beli online yang menimpa masyarakat. Banyaknya kasus penipuan tersebut, telah menjadi kekhawatiran utama bagi masyarakat untuk menggunakan layanan e-commerce, namun ini menjadikan motivasi tersendiri bagi Bukalapak.com untuk dapat menyediakan metode transaksi mudah dan aman. Penelitian ini menggunakan model penelitian filsafat tentang kasus aktual. Objek material penelitian ini adalah transaksi online di Bukalapak.com, dan objek formal penelitian ini adalah etika bisnis. Penelitian ini berjalan dengan lima tahap, yakni interpretasi, holistika, idealisasi, heuristik dan deskripsi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, etika bisnis menghimbau untuk para pelaku bisnis menjalankan bisnis secara baik dan benar sesuai dengan prinsip-prinsip dan moral yang ada. Kedua, Bukalapak merupakan e-commerce dengan menyediakan pasar online bagi masyarakat khususnya UKM (Usaha Kecil Menengah). Bukalapak menyediakan metode transaksi yang aman dalam bertransaksi. Menjadi pihak ketiga antara penjual dan pembeli dalam transaksi jual beli online. Ketiga, metode transaksi Bukalapak telah sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis yaitu prinsip otonomi, kejujuran, keadilan, saling menguntungkan dan integritas moral. Metode transaksi ini aman digunakan untuk melakukan transaksi secara online, atau berbisnis secara online di Bukalapak.com. Bukalapak bertanggung jawab apabila terjadinya kesalahan dalam suatu transaksi.

This study aims to provide an ethical view on the ethics of business buying and selling online in an e-commerce website Bukalapak.com. Business buying and selling online or known as e-commerce is currently growing in Indonesia, even many retail sales lost competitiveness to be out of business. But along with the trend of this business, fraud cases on sale and purchase transactions online also increased. Based on this, then back from this study was taken from the number of online buying fraud cases that hit the community. The number of such fraud cases has become the main platform for the community to use e-commerce services, but this makes its own motivation for Bukalapak.com to be able to provide easy and secure transaction method. This study uses a model of philosophical research on actual cases. The object of this research is the online transaction at Bukalapak.com, and the formal object of this research is business ethics. This research runs with five stages, interpretation, holistic, idealization, heuristic and description. The results of this study are as follows. First, business ethics calls for good and right business people in accordance with existing principles and morals. Secondly, Bukalapak is an e-commerce by providing online market for people especially UKM (Usaha Kecil Menengah). Bukalapak provides a secure transaction method for transactions. Become a third party between seller and buyer in online buying and selling transactions. Third, the transaction method that has been in accordance with the principles of business ethics is the principle of autonomy, honesty, justice, mutual benefit and moral integrity. This transaction method is safe to use conducting transactions online, or do business online at Bukalapak.com. Bukalapak is responsible for any errors in a transaction.

Kata Kunci : Bukalapak, e-commerce, Transaksi Jual Beli Online, Bisnis Online, Etika Bisnis.

  1. S1-2018-352367-abstract.pdf  
  2. S1-2018-352367-bibliography.pdf  
  3. S1-2018-352367-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2018-352367-title.pdf