ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA INDUSTRI TRANSPORTASI DARAT TRAYEK JAKARTA - BANDUNG DENGAN PARADIGMA STRUCTURE CONDUCT PERFORMANCE STUDI PADA PT PRIMAJASA PERDANARAYA UTAMA TAHUN 2012 - 2015
MAULA NOURCHOLIS MUC, Rangga Almahendra, Dr., S.T., M.M.
2018 | Tesis | S2 ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh PT Primajasa Perdanaraya Utama dalam bersaing di industri transportasi darat khususnya trayek Jakarta Bandung. Beberapa strategi bersaing untuk meningkatkan kinerja perusahaan juga diterapkan oleh PT Primajasa Perdanaraya Utama dalam bersaing dalam industri ini. Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah penelitian analisis desktiptif kualitatif pada PT Primajasa Perdanaraya Utama. Dalam penelitian ini digunakan gabungan data primer dan data sekunder, dimana data primer didapat dari hasil wawancara langsung serta melalui penyebaran kuisioner, dan data sekunder diperoleh dari Dinas Perhubungan Jakarta, Dinas Perhubungan Bandung, Biro Pusat Statistik, DPP Organda, dan studi pustaka serta situs internet terkait. Penelitian ini menggunakan paradigma Structure Conduct Performance (SCP). Paradigma tersebut diuraikan dalam beberapa bagian, antara lain analisis struktur pasar dalam industri transportasi darat trayek Jakarta Bandung menggunakan perhitungan Herfindahl Hirschman Index dan Concentration Ratio, analisis Porter's Five Forces Competition, analisis Customer Perceptual Mapping, analisis kinerja keuangan perusahaan serta analisis kinerja berdasarkan perspektif pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur pasar dalam industri ini adalah persaingan oligopoli dengan tingkat konsentrasi pasar adalah medium/ moderat. Terdapat 4 perusahaan besar yang menguasai pasar. Intensitas persaingan antar perusahaan pada industri ini cukup tinggi dengan pemain yang bervariasi yaitu menggunakan angkutan darat jalan raya serta angkutan darat kereta api. Keunggulan layanan bus Jakarta Bandung dari PT Primajasa Perdanaraya Utama adalah dari segi harga yang tergolong lebih terjangkau, dengan kualitas yang cukup dibandingkan para kompetitor. Dengan strategi revitalisasi dan perawatan armada yang rutin dan tepat, membuat armada bus selalu tersedia dan siap melayani tingginya permintaan akan jasa transportasi darat khususnya trayek Jakarta Bandung terutama pada saat periode libur panjang setiap tahunnya. Dengan penerapan strategi tersebut, membuat PT Primajasa Perdanaraya Utama mendapatkan pertumbuhan pendapatan setiap tahun.
This research aims to analyze strategy applied by PT Primajasa Perdanaraya Utama in order to compete in the Land Transportation Industry especially Jakarta Bandung route. PT Primajasa Perdanaraya Utama applied some competitive strategy to improve the company performance in order to compete in this industry. The scope of this research is descriptive qualitative research at PT Primajasa Perdanaraya Utama. This research combines both primary and secondary data. Primary data collected by helding an interviews and distributing questionnaires. Secondary data collected from Dinas Perhubungan Jakarta, Dinas Perhubungan Bandung, Biro Pusat Statisik, DPP Organda and a literature. Structure Conduct Performance paradigm used in this research. The paradigm consists of several sections which analyzes market structure land transportation industry Jakarta Bandung route by calculating Herfindahl Hirschman Index and Concentration Ratio, Porter's Five Competitive Forces analysis, Customer Perceptual Mapping analysis, financial performance analysis and also analyze company performance from customer perspective. The result of this research showed the market structure of the industry is an oligopoly competition with medium level of market concentration. There are four companies which dominate the market. Companies rivalry in this industry is at high level. Companies involved in this market range from road transportation company and railway transportation company. Cost Leadership Strategy applied by PT. Primajasa Perdanaraya Utama. Revitalization and periodic maintenance of Company's Vehicle have made a good impact so company is always at best performance in serving customer especially at long weekend or high demand.
Kata Kunci : PT Primajasa Perdanaraya Utama, Industri Transportasi Darat, Trayek Jakarta Bandung, Structure Conduct Performance, Strategi Kepemimpinan Harga, Analisis Porter's Five Forces Competition, Analisis Customer Perceptual Mapping