Laporkan Masalah

Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Kondom dalam Mengubah Perilaku Seksual Remaja di DKI Jakarta

Fattah, Abdul, Saefuddin Hasan, Drs., M.B.A.

2009 | Tesis | S2 Magister Management

Penelitian ini merupakan penyempurnaan dari penelitian-penelitian sebelumnya seperti yang dilakukan oleh Holzner&Oetomo (2004) dan yang dilakukan oleh Purdy (2006). Penelitian ini lebih menekankan bagaimana mengukur keefektifan strategi bauran pemasaran kondom dan bagaimana strategi ini mempengaruhi kualitas perilaku seksual remaja. Berdasarkan perumusan masalah dirumuskan lima hipotesis yaitu: (1). Terdapat pengaruh positif antara produk kondom terhadap perilak:u seksual remaja, (2). Terdapat pengaruh positif antara penerapan harga kondom terhadap perilaku seksual remaja, (3). Terdapat pengaruh positif antara saluran distribusi kondom terhadap perilaku seksual remaja, (4). Terdapat pengaruh positif antara kegiatan promosi kondom terhadap perilaku seksual remaja, dan (5). Terdapat pengaruh positif antara strategi bauran pemasaran kondom yang terdiri dari dimensi produk, harga, saluran distribusi dan promosi terhadap perilak:u seksual remaja. Kelompok remaJa di DKJ Jakarta dijadikan subyek penelitian ,dengan menerapkan teori pengambilan sampel secara non probability sampling yaitu teknik sampling yang tidak memberikan kesempatan (peluang) pada setiap angota populasi untuk dipilih menjadi sampel (Sugiyono, 2007) .Penelitian ini memakai metode survei, di mana data diperoleh dari responden dengan menggunakan kuesioner yang didisain berdasarkan teori-teori yang dikonversi menjadi dimensi-dimensi dan indikator-indikator sehingga pengukuran dapat dilak:ukan. Analisa data dilak:ukan dengan metode path analysis. Berdasarkan uji validitas kuesioner yang dilak:ukan dengan confirmatory factor analysis (CF A) dan uji reliabilitas yang dilakukan dengan alpha cronbach , seluruh butir pertanyaan dan variabel dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan analisis jalur, penelitian ini terbukti secara empiris bahwa Perilak:u seksual remaja di DKI Jakarta turut dipengaruhi oleh strategi bauran pemasaran. Kata kunci : Bauran pemasaran kondom, perilaku seksual remaja, DKJ Jakarta, path analysis.

This research is the perfectness of former researches as to be done by Holzner&Oetomo (2004) and Purdy (2006). The research urgency is how to measure effectivity of the influence of condom marketing mix strategy and how this strategy influencing youth sexual behavior quality. Based on problem formulation, could be formulated five hypothesis : (1). There is positive influence between condom product toward youth sexual behavior. (2). There is positive influence between condom applied price toward youth sexual behavior. (3).There is positive influence between condom distribution channel toward youth sexual behavior. ( 4). There is positive influence between condom promotion activities toward youth sexual behavior. (5). There is positive influence between condom marketing mix strategy, which consist of product, price, distribution channel, and promotion dimensions toward youth sexual behavior. Teenagers group in DKI Jakarta to be research subject by implementing non probability sampling, which is doesn't give any probability to member of population to be choiced sample. This research used survey method, for which data were gotten from respondents by using questionnaire, that be designed base on theories were conversed to be dimensions and indicators, then measurement could be done. Data analysis used path analysis method. Based on validity test with confirmatory factor analysis and reliability test with alpha cronbach, found that aJl question items and variables are valid and reliable. Data analysis conducted using path analysis, this research was tested empirically that youth sexual behavior in DKI Jakarta was significantly positive influenced by condom marketing mix. Keyword: Condom marketing mix, Youth sexual behavior, DKI Jakarta, Path analysis.

Kata Kunci : Pemasaran; Strategi Bisnis; Strategi Bauran; Perilaku Seksual; Pemasaran Kondom

  1. S2-FEB-2008-Abdul_Fattah-ABSTRACT.pdf  
  2. S2-FEB-2008-Abdul_Fattah-BIBLIOGRAPHY.pdf  
  3. S2-FEB-2008-Abdul_Fattah-TABLEOFCONTENT.pdf  
  4. S2-FEB-2008-Abdul_Fattah-TITLE.pdf