Laporkan Masalah

STRATEGI PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK SEBAGAI PERUSAHAAN MULTI NASIONAL YANG SEDANG BERKEMBANG DALAM KOMPETISI GLOBAL

DONNA WIDYA ALMIRA, Dr. Dedy Permadi, S.IP, M.A.

2017 | Tesis | S2 Ilmu Hubungan Internasional

Riset ini bertujuan untuk menganalisis upaya PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) sebagai perusahaan multinasional baru yang sedang berkembang dalam mengejar ketertinggalannya menjadi perusahaan multinasional dan meningkatkan daya saing industri produk olahan makanan sehingga menjadi aktor penting dalam kompetisi perdagangan global. Penelitian ini berfokus pada strategi Indofood untuk menjadi perusahaan multinasional baru yang sedang berkembang dan upaya yang dilakukannya dalam proses perluasan pasar. Terdapat tiga hal utama yang menjadi strategi penting bagi Indofood, yaitu linkage, learning, dan leverage. Proses linkage dapat berjalan apabila tiga poin yang menjadi basis strategi telah terpenuhi, yaitu: dukungan dan akses terhadap pemerintah, konektivitas dengan lembaga terkait dan hubungannya dengan klaster industri. Proses learning diketahui dengan adanya transfer pengetahuan yang diperoleh Indofood tidak hanya dari entitas anak perusahaannya, tetapi juga dari perusahaan-perusahaan yang telah lebih dulu mapan dan juga dari keberagaman tim research and development menjadi tahapan strategi belajar bagi Indofood. Pada proses leverage, penelitian ini lebih fokus menggunakan pendekatan perspektif eselon atas dan mendapatkan bahwa produk unggulan didapat dari keberadaaan top team management. Keberhasilan Indofood untuk menganalisis peluang dan tantangan perusahaan melalui G-5 strategy juga mengantarkan Indofood untuk melakukan ekspansi pasar keluar negeri dengan strategi yang tepat. Analisis yang mendalam serta selalu mengikuti perkembangan pasar dilakukan oleh Indofood melalui upaya akuisisi, aliansi, joint venture, dll hingga dapat menghadapi kompetisi perdagangan global.

This research aims to analyze the efforts of PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) as a new emerging multinational corporation in pursuit of its capability to become a multinational corporation and enhance the competitiveness of food industry that it becomes an important actor in global trade competition. This study focuses on Indofood's strategy to become an emerging and new multinational corporation and its efforts in the process of market expansion. There are three main things that become an important strategy for Indofood; linkage, learning, and leverage. The linkage process can work if three points are the basis of the strategy has been worked: support and access to government, connectivity with related institutions and its relationship with the industrial cluster. Learning process is known by the transfer of knowledge acquired by Indofood not only from its subsidiaries, but also from established companies as well as from the diversity of research and development team to the stages of learning strategies for Indofood. In the leverage process, this research focuses more on the upper echelon perspective approach and finds that the superior product is obtained from the existence of the top management team. Indofood's success to analyze the company's opportunities and challenges through its G-5 strategy also led Indofood to expand its overseas market and trade with the right strategy. In-depth analysis and always follow the market development conducted by Indofood through the acquisition, alliance, joint venture, etc. to be able to face global trade competition.

Kata Kunci : PT Indofood Sukses Makmur Tbk, perusahaan multinasional, ekspansi internasional, kompetisi perdagangan global

  1. S2-2017-404058-abstract.pdf  
  2. S2-2017-404058-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-404058-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-404058-title.pdf