Citra Perempuan Prancis dalam Film Dans la maison
AHADITA NUR MAULIDA, Sandya Rani Yunita, S.S., M.A..
2017 | Skripsi | S1 SASTRA PERANCISPenelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana citra perempuan Prancis melalui perannya di ranah masing-masing dan bagaimana kekuasaan patriarki serta bentuk resistensi dan subordinasi yang tokoh perempuan lakukan dalam menghadapi sistem masyarakat patriarkal yang direpresentasikan dalam film Dans la maison karya François Ozon. Penulis menggunakan teori Perempuan dalam Film dan teori Kritik Sastra Feminis untuk menjabarkan bagaimana kedua tokoh perempuan Prancis dalam film dicitrakan serta bagaimana resistensi serta bentuk subordinasi dari tokoh perempuan dalam film dengan adanya dominasi patriarkal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) tokoh perempuan dalam film, yaitu Jeanne dan Esther, berperan di dalam ranahnya masing-masing dengan Jeanne sebagai seorang wanita karir mandiri yang terjun ke ranah publik sedangkan Esther terjun ke ranah domestik karena perannya sebagai ibu rumah tangga yang bergantung pada sosok patriarki yang diwakilkan suaminya; (2) dalam Dans la maison merepresentasikan tokoh Jeanne sebagai perempuan yang banyak melakukan resistensi melawan kekuasaan patriarki dan tokoh Esther sebagai perempuan yang tersubordinasi oleh kekuasaan patriarki.
This research aims to reveal how French women are represented through their roles in each domain and how patriarchal power is depicted by the female characters' resistances and subordinations to it in the film Dans la maison directed by François Ozon. This research uses the theory of Women in Film and theory of Feminist Literary Criticism to analyse the problems. This research concludes that (1) the female characters have different roles and represent each domain where Jeanne is depicted as an independent career woman who involves in public domain whereas Esther involves in domestic domain as a patriarchal dependant housewife; (2) the character Jeanne represents the female resistances towards patriarchal power in the movie and Esther represents the female subordinations towards it.
Kata Kunci : film, François Ozon, citra perempuan, kekuasaan patriarki, resistensi, subordinasi