Laporkan Masalah

Pengaruh Kendala Yang Dimediasi Oleh Negosiasi Kendala Dan Pengalaman Wisatawan Pada Citra Destinasi Dan Niat Untuk Mengunjungi Kembali Ekowisata

INTAN TRI ANNISA, Yulia Arisnani Widyaningsih, M.B.A., Ph.D.

2017 | Tesis | S2 SAINS MANAJEMEN

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji negosiasi kendala sebagai pemediasi antara kendala dan niat untuk mengunjungi kembali gunung. Penelitian ini juga meneliti pengaruh kendala pada citra destinasi, pengaruh dari citra destinasi dan pengalaman wisatawan pada niat untuk mrngunjungi kembali gunung, dan pengaruh pengalaman wisatawan pada citra destinasi. Berdasarkan teori kendala, ada tiga dimensi kendala ketika individu menghadapi sebuah masalah dan kemudian individu akan mengatasi masalah mereka melalui negosiasi kendala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan survei melalui daring dengan jumlah sampel sebesar 312 responden. Data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa negosiasi kendala memediasi secara penuh hubungan antara kendala dan niat untuk mengunjungi kembali gunung. Penelitian ini mengkonfirmasikan bahwa kendala secara signifikan berhubungan positif pada citra destinasi, serta pengalaman wisatawan juga secara signifikan berhubungan positif pada citra destinasi dan niat untuk mengunjungi kembali gunung. Selanjutnya, penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh citra destinasi tidak signifikan pada niat untuk mengunjungi kembali gunung.

The purpose of this study is to examine constraint negotiation as mediation between constraints and revisit intention to mountain. This study also examines the effects of constraint on destination image, the effects of destination image and tourist experience on revisit intention to mountain, and the effects of tourist experience on destination image. Based on constraint theory, there are three dimensions of constraint when individual face a problem and then individuals will manage their problem through constraint negotiation. This research was conducted based on quantitative approach. Data collected using online survey and involved 312 respondents. Data analysis was employed using Structural Equation Modeling (SEM). The results of this study revealed that constraint negotiation fully mediated the relation between constraint and revisit intention to mountain. The findings of the study confirms that constraint is significant positively related to destination image and also tourist experience is significant positively related to destination image and revisit intention to mountain. Furthermore, this study shows that destination image has an insignificant effect on revisit intention to mountain.

Kata Kunci : Kendala, Negosiasi Kendala, Citra Destinasi, Pengalaman Wisatawan, dan Niat Untuk Mengunjungi Kembali, Ekowisata Gunung

  1. S2-2017-387393-abstract.pdf  
  2. S2-2017-387393-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-387393-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-387393-title.pdf