Laporkan Masalah

EVALUASI STRATEGI UNTUK MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS PADA INDUSTRI TEKNOLOGI INFORMASI STUDI PADA PT MAESTRO GLOBAL INFORMATIKA

ANDI ARIFUDDIN ANWAR, Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D.

2017 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Banyaknya jumlah perusahaan pada industri teknologi informasi menyebabkan persaingan yang ketat dan membuat laba PT. Maestro Global Informatika menurun pada lima tahun terakhir, bahkan mengalami kerugian pada dua tahun terakhir. Strategi bisnis perusahaan perlu dilakukan evaluasi secara berkala, penelitian kualitatif ini fokus mengenai manajemen strategi PT. Maestro Global Informatika yang meliputi analisis lingkungan eskternal seperti lingkungan politik, ekonomi, sosial, teknologi dan lingkungan industri, serta analisis lingkungan internal pada sumberdaya dan aktifitas bisnis perusahaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi bisnis PT. Maestro Global Informatika berdasarkan analisis lingkungan eksternal menggunakan analisis PEST dan analisis Porter five forces adalah PT. Maestro Global Informatika mempunyai peluang yaitu undang-undang hak cipta dan pembajakan, program pembangunan Pemerintah jaringan infrastruktur IT, ketergantungan teknologi informasi untuk menunjang kelancaran dalam menjalankan bisnis, inovasi dari teknologi informasi terbarukan dan produk subtitusi IT rendah. Selain peluang, PT. Maestro Global Informatika juga mempunyai ancaman yaitu melemahnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP), inflasi, ancaman terhadap pendatang baru dan intensitas persaingan yang tinggi. Faktor-faktor yang mempengaruhi bisnis PT. Maestro Global Informatika berdasarkan analisis lingkungan internal menggunakan analisis resource based view dan analisis value chain adalah PT. Maestro Global Informatika mempunyai kekuatan pada struktur modal yang baik, mengikuti perkembangan teknologi, tidak memerlukan inventory dan mempunyai armada pengiriman barang sendiri. Selain kekuatan, PT. Maestro Global Informatika juga mempunyai kelemahan yaitu kurangnya tenaga atau staf dalam mengerjakan suatu proyek, kurang melakukan maintain terhadap staf proyek, kurang agresif dalam menawarkan produk atau jasa kepada segmen yang dituju dan kurang melakukan pelatihan pada staf proyek. Strategic positioning menunjukan strategi yang tepat untuk diterapkan oleh PT. Maestro Global Informatika dalam menghadapi persaingan bisnis berdasarkan lingkungan eksternal dan internal adalah strategi fokus. Dalam menerapkan strategi fokus, PT. Maestro Global Informatika harus membangun keunggulan bersaing dalam suatu segmen pasar yang lebih sempit, adanya pasar yang cukup, terdapat potensi pertumbuhan yang baik dan tidak terlalu diperhatikan oleh pesaing.

The large number of companies in the information technology industry led to intense competition and make profit of PT. Maestro Global Informatika declined in the last five years, even loss in the last two years. Business strategy needs to be evaluated periodically, this qualitative research focuses on strategy management of PT. Maestro Global Informatika about external environmental analysis such as politics, economy, social, technology and industrial environments, as well as internal environmental analysis of the company resources and business activity. Factors that affecting the business of PT. Maestro Global Informatika based on external environment using PEST analysis and Porter five forces analysis are PT. Maestro Global Informatika has opportunities such as copyright and piracy laws, Government plan in building of information technology infrastructure, almost every company depends on information technology to support the business, innovation of renewable information technology and substitution of IT product is low. In addition to opportunities, PT. Maestro Global Informatika also has threats, such as decreasing rupiah against foreign currency, increasing of minimum wages, inflation, threats against newcomers and high competition. Factors that affecting the business of PT. Maestro Global Informatika based on internal environment using resource based view analysis and value chain analysis are PT. Maestro Global Informatika has strength on the finance structure, using new technologies, does not require an inventory and owned shipping goods. In addition to strength, PT. Maestro Global Informatika also has weaknesses such as lack of project staff, less maintaining of project staff, is not aggressive in offering products or services to targeted market and less training of its project staff. Strategic positioning shows the right business strategy to be applied by PT. Maestro Global Informatika for face off the business competition based on external and internal environment is focus strategy. In implementing focus strategy,PT. Maestro Global Informatika must build competitive advantage in a narrower market segment, adequate market, have a good growth potential market and less attention by competitor.

Kata Kunci : strategi bisnis, teknologi informasi, strategi fokus

  1. S2-2017-374462-abstract.pdf  
  2. S2-2017-374462-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-374462-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-374462-title.pdf