Pemaknaan Lagu Remaja dan Dewasa Oleh Anak-anak Melalui Media Teknologi Informasi (Audio-visual)
FIRMANITA AYUNING P, Dr. G.R Lono Lastoro Simatupang, M.A
2017 | Skripsi | S1 ANTROPOLOGI BUDAYAKeberadaan lagu anak-anak yang semakin jarang membuat anak-anak seperti tidak memiliki lagi lagu yang layak untuk mereka konsumsi. Berbeda dengan era 1990-an, lagu anak-anak sangat amat digaungkan. Akan tetapi di era ini keberadaan penyanyi cilik sudah sangat sulit ditemui. Dunia anak-anak adalah dunia bermain dan belajar. Salah satu yang menunjang mereka dalam belajar adalah melalui lagu yang memang diperuntukan bagi seusia mereka. Namun yang terjadi saat ini adalah mereka mendengarkan banyak lagu-lagu remaja dan dewasa melalui televisi, radio, bahkan Youtube yang merupakan berbagai macam media audio visual. Orangtua juga ikut mentransmisikan lagu-lagu yang menurut mereka enak kepada anak-anaknya dengan bantuan beberapa teknologi informasi yang semakin canggih. Studi ini akan mencoba untuk memahami lagu-lagu apa saja yang menjadi favorit mereka dan juga untuk mengetahui bagaimanakah teknologi informasi ternyata juga berpengaruh akan pemilihan musik terhadap anak. Hal lain dan utama dari studi ini adalah untuk mencari tahu apakah mereka memahami maksud dari lirik yang terkandung pada lagu-lagu yang mereka dengarkan dan apa dampaknya bagi dunia main dan belajar mereka. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam Kecanggihan akan teknologi informasi sangat mempengaruhi bagaimana anak-anak dalam memilih lagu-lagu yang mereka senangi di mana justru mereka lebih menyukai lagu remaja dan dewasa. Mereka tidak memahami makna lagu, tetapi sangat bisa merekam apa yang mereka lihat melalui visual (Videoclip). Pendapat orangtua melihat fenomena ini dipengaruhi juga dengan pengalaman musikal ketika kecil.
The existence of children songs which are becoming increasingly rare results in children not having appropriate songs to enjoy. Unlike the era of 1990s, when children songs were very popular, in this era there are not many children singers who are known. A child’s world is filled with play and learning. One source that helps them learn is songs which are meant appropriately for their age. However, what is happening now is that most children are listening to songs meant for teenagers or adults, which they access through television, radio, even YouTube; various audio visual media. Parents also play a role in transmitting the songs they enjoy to their children with the help of information technology which is becoming more sophisticated. This study attempts to identify what songs are preferred by children and understand how information technology influences their musical preferences. Another main part of this study is to find out whether or not the children understand the meanings of the lyrics of the songs they listen to, and how it affects their learning. This research applied qualitative method and data was collected through observation and in-depth interviews. The sophistication of information technology very much affects how children choose songs they prefer, which in this case, they prefer songs for teens and adults. They do not understand the meaning of the song lyrics, but are able to record and process what they see visually (through video clips). How parents view this phenomena is affected by their own experiences with music as children.
Kata Kunci : Anak-anak, musik dan lagu, teknologi informasi