Laporkan Masalah

Persepsi Remaja Pengguna Instagram pada Citra Diri Selebgram @rachelvennya, @tiarapangestika, dan @awkarin

ALITA HERMAYA, Ardian Indro Yuwono, S.I.P., M.A.

2017 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Saat ini media sosial dapat digunakan untuk membentuk sebuah opini atau persepsi terhadap banyak hal. Instagram adalah contoh media sosial yang kini tengah menjadi trend di kalangan remaja. Salah satu fenomena yang relevan dengan persepsi di media sosial dan hubungannya dengan remaja adalah persepsi remaja pada citra diri Selebgram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan identitas pengguna Instagram, sekaligus memaparkan kedalaman persepsi citra diri Selebgram pada remaja. Fenomena Selebgram di Instagram dikonsumsi oleh remaja sebagai suatu acuan diri untuk menjadi lebih baik lewat citra diri Selebgram yang mereka lihat, tanpa mereka sadari bahwa citra diri Selebgram itu pun sebenarnya terbentuk dari persepsi dan interpretasi mereka.

Nowadays, people could use social media to create an opinion and perception about a lot of things. Instagram is one of the example from many social medias that has been a great trend among teenagers. One of the phenomenas which relevants from the perception of an Instagram user and the relation with teenager is teenager's perception of Selebgram's self image. The purpose of this research is to describe the identity of an Instagram user, both by explaining the depth of teenager's perception of Selebgram's self image. For the result, teenagers consuming this Selebgram phenomenon in Instagram as a reference to be better through the Selebgram's self image who they looked up to, without being aware that Selebgram's self image is actually formed because of teenager's perception and interpretation itself.

Kata Kunci : Persepsi, Identitas Diri, Remaja, Instagram, Citra Diri, Selebgram

  1. S1-2017-346016-abstract.pdf  
  2. S1-2017-346016-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-346016-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-346016-title.pdf