PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI PADA SOP AYAM PAK MIN KLATEN
BAGAS ADIANTO, Dra. Neni Pancawati,M.Si.
2017 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMEN SVPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek terhadap minat beli Sop Ayam Pak Min Klaten. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data kuantitatif dan sumber data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada 50 responden di Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Random Sampling. Untuk metode analisis digunakanmetode analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel citra merek yang terdiri dari keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek, dan keunikan asosiasi merek dari Sop Ayam Pak Min Klaten memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli ditunjukkan dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 ≤ 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Hi diterima. Citra merek mempengaruhi minat beli sebesar 39,1% sedangkan sisanya yaitu 60,9% dipengaruhi oleh variabel lain.
This research aims to determine how much influence the Brand Image Towards Purchasing Interest At Sop Ayam Pak Min Klaten. Types and sources of data used in this research is quantitative data types and sources of primary data by distributing questionnaires direcly to the 50 respondents in Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. The sampling technique used is Purposive Random Sampling. For the method of analysis used a simple linear regression analysis method. Results from this research showed that the variables that comprise the brand image of the favorability brand association, strength brand association, uniqueness brand association of Sop Ayam Pak Min Klaten have a significant influence on buying interest show with significance value of 0.000 ≤ 0.05, which means Ho is rejected and Hi accepted. Brand image influences buying interest amounted to 39.1%, while the remainder is equal to 60.9% is influenced by other factors.
Kata Kunci : Merek, Citra Merek, Minat Beli, Kuliner, Sop Ayam