PENGELOLAAN PERJALANAN WISATA PT SARIHUSADA GENERASI MAHARDHIKA DI KIRANA TOUR YOGYAKARTA
MUHAMMAD HABIB A, Elisa Dwi Rohani, S.E.,M.Sc.;Cerry Surya Pradana, S.S.,M.Sc.
2017 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN SVTugas akhir ini mengkaji tentang pengelolaan sebuah perjalanan wisata dalam studi kasus sebuah group PT Sarihusada Generasi Mahardhika sebelum, sesaat, dan sesudah tour di Kirana Tour Yogyakarta serta kendala yang terjadi selama pelaksanaan perjalanan wisata dan solusi yang dapat dilakukan oleh tim operasional Kirana Tour. Penulisan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan kegiatan pengamatan secara langsung di lapangan. Penulis juga melakukan wawancara dengan beberapa narasumber dan mengumpulkan dokumentasi perusahaan maupun dokumentasi pribadi yang dilakukan oleh penulis. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa di dalam sebuah perjalanan wisata diperlukan pengelolaan dan persiapan yang baik yang sesuai dengan kebutuhan wisatawan ketika ingin melakukan kegiatan perjalanan wisata, baik bagi travel agency yang menaungi maupun dari wisatawan. Tujuan dari adanya persiapan dan pengelolaan adalah untuk menciptakan kenyamanan, keamanan, ketertiban bagi wisatawan dalam melakukan perjalanan wisata. Hal ini agar kendala-kendala yang terjadi selama perjalanan wisata dapat dihindari.
This research aimed to know the process of tour management of a tour in the case study of a group of PT Sarihusada Generasi Mahardhika pra-tour, in tour, and pasca tour at Kirana Tour Yogyakarta and the obstacles that occur during the execution of the tour and also the solution that can be done by the operational team. This research using descriptive qualitative method by conducting observation activity directly in the field. The author also conducts interviews with several resource persons and collects company documentation as well as personal documentation conducted by the author. The result of this research is that in a travel tour management and good preparation is needed in accordance with the needs of tourists when wanting to do travel activities, both for travel agencies that overshadow and from tourists. The purpose of the preparation and management is to create comfort, security, for tourists in travel. It is that the constraints that occur during a sightseeing trip can be avoided.
Kata Kunci : PT Sarihusada Generasi Mahardhika, perjalanan wisata, tour, travel agency, Kirana Tour