PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA FACEBOOK DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN REMAJA WANITA TENTANG PREMENSTRUAL SYNDROME (PMS) DI SMK NEGERI 1 PEDAN KLATEN
DWI SRI HANDAYANI, Elsi Dwi Hapsari, S.Kp., M.S., D.S.; dr. Widyandana, MHPE, PhD.
2017 | Tesis | S2 KeperawatanLatar Belakang: Premenstrual syndrome (PMS) merupakan masalah kesehatan wanita usia reproduktif yang mulai terjadi pada usia 13-19 tahun. Dorongan gaya hidup sehat merupakan terapi pertama bagi penderita PMS. Pada penelitian sebelumnya, pendidikan kesehatan mampu meningkatkan pengetahuan tentang PMS. Facebook merupakan media sosial internet yang efektif dalam menyampaikan pesan pendidikan kesehatan, namun masih terbatas penelitian tentang penggunaan Facebook untuk meningkatkan pengetahuan tentang PMS. Tujuan penelitian: untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media Facebook dalam meningkatkan pengetahuan remaja wanita tentang PMS. Metode penelitian: desain pre experimental dengan rancangan one group pretestposttest design. Sampel 77 remaja wanita di SMK Negeri 1 Pedan Klaten. Intervensi berupa pendidikan kesehatan tentang PMS selama 4 minggu dengan materi bentuk video animasi grafis yang di-posting melalui Wall Facebook Remaja Sehat Selama PMS. Instrumen menggunakan kuesioner online test. Validitas dan reliabilitas kuesioner pengetahuan premenstrual syndrome dengan koefisien alpha (+-) 0,674, kuesioner mengukur penggunaan media Facebook terdiri dari kemudahan yang dirasakan dengan+- 0,687 dan kebermanfaatan yang dirasakan dengan+- 0,774. Data penelitian dianalisis menggunakan t-test dependent dan regresi linier ganda dengan tingkat signifikansi p<0,05. Hasil: penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan responden tentang PMS setelah pendidikan kesehatan lebih tinggi dibandingkan sebelum pendidikan kesehatan tentang PMS (p=0,002). Analisis multivariat diperoleh bahwa pengalaman informasi menstruasi sebelum pendidikan kesehatan berpengaruh terhadap perubahan pengetahuan responden tentang PMS (p=0,033). Facebook dirasakan mudah digunakan (63,6%) dan bermanfaat (57,1%) sebagai media pendidikan kesehatan tentang PMS. Kesimpulan: pendidikan kesehatan tentang PMS menggunakan media Facebook dapat meningkatkan pengetahuan remaja wanita tentang PMS.
Background: Premenstrual syndrome (PMS) is a reproductive health problem of women and begin to occurs at the age of 13-19 years. Encouragement of healthy lifestyle is the first therapy for PMS sufferers. In previous studies, health education was able to increase knowledge about PMS. Facebook is an effective internet social media in delivering health education messages but still limited research on the use of Facebook to improve the knowledge about PMS. Objective: Study aims to determine effect of health education using Facebook in increasing knowledge of female adolescent about PMS. Method: Study design used preexperimental design with one group pretest-posttest design. Sample or respondents involved in this study amounts 77 female adolescent at SMK Negeri 1 Pedan Klaten. Health education intervention about PMS for four weeks through posted animated video graphic in Wall Facebook of "Remaja Sehat Selama PMS". The instrument used an online test questionnaire. Validity and reliability of premenstrual syndrome knowledge questionnaire with alpha coefficient (+-) 0.674, questionnaire measuring the use of Facebook media consists of perceived convenience with +- 0.687 and perceived usefulness with +- 0.774. Data were analyzed using t-test dependent and multiple linear regression with significance level of p <0,05. Results: showed that respondents knowledge about PMS after exposed health education was higher than before (p = 0,002). Multivariate analysis was obtained that experience of menstrual information before exposed health education had an effect on the change of respondent knowledge about PMS (p = 0,033). Respondent assumed Facebook was easy to used (63.6%) and useful (57.1%) as health education media about PMS. Conclussion: health education about PMS using Facebook increases knowledge of female adolescent about PMS.
Kata Kunci : Pendidikan kesehatan, premenstrual syndrome, Facebook, remaja, pengetahuan, Health Education, Premenstrual Syndrome, Facebook, Adolescent, Knowledge