BENTUK PERTUNJUKAN KESENIAN RONGGENG PADA MASYARAKAT PASAMAN DI SUMATERA BARAT
HIDAYATUL ASRA, Prof. Dr. Victor Ganap, M.Ed; Prof. Dr. R.M. Soedarsono
2017 | Tesis | S2 Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni RupaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertunjukan kesenian Ronggeng pada masyarakat Pasaman, dengan demikian penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan analisis yaitu : seluruh data yang diperoleh baik data tertulis maupun data di lapangan dihimpun serta dijabarkan kemudian dianalisis sesuai dengan permasalahan peneliti yang telah dirumuskan. Ronggeng Pasaman adalah salah satu bentuk pertunjukan kesenian tradisi di daerah Duo Koto Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat yang pada umumnya dipertunjukkan dengan tujuan sebagai hiburan bagi masyarakat pendukungnya. Interaksi dalam pertunjukan Ronggeng Pasaman berbentuk berbalas pantun, dimana proses penciptaan pantun bersifat spontan. Dalam hal ini, pesan-pesan yang disampaikan merupakan realitas sosio-kultural sebagai materi interaksi dalam memproduksi makna dan bertukar pengalaman berkaitan dengan kehidupan masyarakat Pasaman. Hasil penelitian, bahwa Ronggeng Pasaman merupakan salah satu kesenian yang melibatkan penonton sebagai pelaku dalam pertunjukan, penonton tidak hanya dipandang sebagai penonton saja. Partisipasi dan interaksi dari penonton dalam pertunjukan khususnya dalam berpantun menjadi bagian yang penting pada pertunjukan Ronggeng Pasaman.
This research that's meant to find art performance Ronggeng in Pasaman society, therefore this study is qualitative research descriptive and analytical that is all data obtained by the data either in writing or data field compiled and defined then analyzed in accordance with study issues which have been be defined. Ronggeng Pasaman is one of the performance traditional arts in duo koto Pasaman Sumatra Barat, which is generally performed with the purpose of pleasure in Pasaman society. Interaction art performance Ronggeng Pasaman shaped important reply. Where the process of creating spontaneous rhyme. In this case massage`s delivered is a reality sosio-cultural as a matter interaction in the production of meaning and exchanging experience with society life in Pasaman. Study the result, that Ronggeng Pasaman is one of the arts enganges the audience`s as an actor in the performance. The audience`s not only seen as a spectator only. Participation and interaction from audience in performance especially in rhyme, becomes an important part on the performance Ronggeng Pasaman.
Kata Kunci : This research that's meant to find art performance Ronggeng in Pasaman society, therefore this study is qualitative research descriptive and analytical that is all data obtained by the data either in writing or data field compiled and defined then