Loyalitas Wisatawan terhadap Pengembangan Ekowisata di Obyek Wisata Kalibiru Kabupaten Kulonprogo
KARTIKA PUSPITASARI, Kaharuddin, S.Hut., M.Si.
2016 | Skripsi | S1 KEHUTANANPersaingan di dunia usaha jasa maupun produk menjadi semakin ketat didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Persaingan ketat ini juga terjadi pada industri jasa pariwisata di Provinsi Yogyakarta. Munculnya obyek wisata baru semakin menambah atmosfer persaingan di industri pariwisata. Salah satu obyek wisata yang termasuk baru di Provinsi Yogyakarta adalah Obyek Wisata Kalibiru di Kabupaten Kulonprogo. Obyek Wisata Kalibiru merupakan salah satu contoh pemanfaatan jasa lingkungan dalam bentuk pariwisata di kawasan hutan. Pengembangan ekowisata menjadi mungkin dilakukan sehubungan dengan aspek konservasi dan pariwisata berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui loyalitas wisatawan terhadap pengembangan ekowisata di Obyek Wisata Kalibiru. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan batasan umur responden 17 tahun. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner menyeluruh yang disebar kepada 100 responden yang berkunjung di Obyek Wisata Kalibiru pada bulan Mei 2016. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif yang terdiri dari analisis indeks kepuasan pengunjung (CSI), analisis harkat, tabulasi silang (Chi Square test) dan analisis korelasi sehingga diperoleh output berupa grafik dan tabel. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa wisatawan di Obyek Wisata Kalibiru memiliki persepsi baik terhadap ekowisata (baik sebagai produk, pasar dan pendekatan pengembangan) dengan 95% dari total responden mengisi skor antara 34-45. Wisatawan yang berkunjung ke Obyek Wisata Kalibiru merasa sangat puas terhadap kualitas pengelolaan Obyek Wisata Kalibiru (100% responden) dengan nilai CSI sebesar 0,88804. Wisatawan dengan tingkat kepuasan tinggi cenderung memiliki loyalitas yang tinggi. Loyalitas wisatawan terhadap pengembangan ekowisata di Obyek Wisata Kalibiru termasuk dalam kategori tinggi (70% dari total responden dengan skor 16-20). Persepsi wisatawan terhadap ekowisata secara bersama-sama dengan kepuasan wisatawan terhadap kualitas pengelolaan Obyek Wisata Kalibiru berkorelasi positif dengan loyalitas wisatawan terhadap pengembangan ekowisata di Obyek Wisata Kalibiru.
Competition in service and product corporate world is becoming firmer and is supported with rapid development of technology. This firm competition also happens in tourism service industry in Province of Yogyakarta. The emergence of new tourist attraction has increased the competition atmosphere in tourism industry. One of the new tourist attractions in Province of Yogyakarta is Kalibiru Tourist Attraction. Kalibiru Tourist Attraction is one of environmental services uses in form of tourism in forest area. The ecotourism development maybe possible to be done in relation to conservation and sustainable tourism aspect. The purpose of this research is to know tourist loyalty towards ecotourism development in Kalibiru Tourist Attraction. Sampling was done by using purposive sampling with limitation of respondent age of 17 years old. The used research instrument was comprehensive questionnaire, which was distributed to 100 respondents in Kalibiru Tourist Attraction in May 2016. Data analysis was done by quantitative descriptive method which consisted of Customer Satisfaction Index (CSI), brand analysis, Chi-square test, and correlation test. Thus, the output of the analysis was graphs and tables. Further analysis showed that the tourists in Kalibiru Tourist Attraction had a good perception towards ecotourism (in terms of product approach, market approach, and development approach) with 95% of total respondent scored between 34-45. The tourists that visited Kalibiru Tourist Attraction was highly satisfied with management quality of Kalibiru Tourist Attraction (100% respondents) that was marked by CSI score of 0,88804. Tourists with high level of satisfaction had tendency to have high level of loyalty. Tourist loyalty towards ecotourism development in Kalibiru Tourist Attraction was on high level of it (70% of total respondents answered in score of 16-20). Tourist perception towards ecotourism along with tourist satisfaction of management quality of Kalibiru Tourist Attraction was positively correlated with tourist loyalty towards ecotourism development in Kalibiru Tourist Attraction.
Kata Kunci : Obyek Wisata Kalibiru, loyalitas, ekowisata.