PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA CITRA MEREK DAN MINAT BELI KONSUMEN PADA MOBIL TOYOTA
SUSI PANDUWINATA, Suci Paramitasari Syahlani, MM, Dr.
2016 | Tesis | S2 ManajemenTantangan persaingan yang semakin ketat di industri otomotif mengharuskan perusahaan terus mengembangkan strategi pemasaran yang tepat dalam membentuk keunggulan bersaing, sehingga mampu mempertahankan dan meningkatkan penjualannya. Memahami perilaku konsumen menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan untuk dapat menciptakan strategi pemasaran yang efektif, diantaranya dengan mempelajari bagaimana konsumen mengambil keputusan pembelian. Munculnya konsep electronic word of mouth (e-WOM) seiring dengan berkembangnya teknologi informasi menjadi suatu fenomena penting bagi para pemasar dalam mempelajari perilaku konsumen, dikarenakan kehadiran e-WOM memberikan kemudahkan bagi konsumen dalam memperoleh informasi mengenai produk yang pada akhirnya dapat mempengaruhi keputusan pembeliannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji sejauh mana e-WOM dapat mempengaruhi citra merek dan minat beli di industri otomotif dengan Toyota sebagai objek penelitian. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner secara online, sedangkan item pertanyaan yang ada pada kuisioner diadopsi dari literatur pemasaran dengan skala Likert sebagai pengukurnya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu responden yang memiliki minat beli pada mobil Toyota, dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden. Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Jalilvand dan Samiei (2012) yang berjudul The Effect Of Electronic Word of Mouth On Brand Image and Purchase Intention. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil keseluruhan hipotesisnya diterima yaitu e-WOM memiliki pengaruh positif signifikan pada citra merek dan minat beli, dan citra merek berpengaruh positif signifikan pada minat beli.
The challenges of competition in the automotive industry required companies to continue and develop appropriate marketing strategies to face competitive advantage, so that its enable to maintain and increase sales and profit. On the other hand, understanding consumers behavior will become a very important thing for companies to create an effective marketing strategy, including by studying how consumers make purchasing decisions. The emergence of the concept of electronic word of mouth (e-WOM) along with the development of information technology becomes an important phenomenon for marketers to studying consumers behavior due to the presence of e-WOM that provides easiness for customers to obtain the information about products that could ultimately affect the purchase decision. This research aims to examine the extent to which e-WOM can affect the brand image and purchase intention on the automotive industry with Toyota as the object of this research. The method used is quantitative by distributing questionnaires via online, while the item question on the questionnaire adopted from the marketing literature with Likert scale as the measuring. The sampling technique used was purposive sampling by respondents who have purchase intention on Toyota cars, with a total sample of 200 respondents. This study is a replication study of previous studies conducted by Jalilvand and Samiei (2012) entitled The Effect of Electronic Word of Mouth on The Brand Image and Purchase Intention. Hypothesis test used in this study is simple regression and multiple regression. The overall results of the hypothesis said that e-WOM has a significant influence on the brand image and purchase intention, also brand image has significant influence on purchase intention.
Kata Kunci : Electronic Word Of Mouth (e-WOM), Citra Merek, Minat Beli.