Laporkan Masalah

KEEFEKTIFAN GUIDED REFLECTION SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN PERILAKU PROFESIONAL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER TAHAP PROFESI

YOHANES SUDARMANTO, Prof. dr. Ova Emilia, MMedEd, SpOG(K), Ph.D.; Dra. Yayi Suryo Prabandari, M.Si, Ph.D.

2016 | Tesis | S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran

Latar Belakang: Refleksi yang dipandu merupakan salah satu metode pengajaran dan pembelajaran yang diketahui efektif untuk menumbuhkan nilai-nilai dan perilaku profesional (PP)pada mahasiswa. Perilaku profesional ini nantinya akan menjadi identitas yang merupakan dasar untuk menjalankan profesinya sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan. Sampai saat ini, pengintegrasian pembelajaran PP masih menjadi tantangan bagi institusi pendidikan dokter, khususnya pada kurikulum pendidikan tahap profesi. Hal ini sangat disayangkan oleh karena pendidikan tahap profesi merupakan tahapan yang paling penting untuk pengembangan PP bagi mahasiswa. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui efektivitas penggunaan guided reflection sebagai metode pembelajaran terstruktur PP pada pendidikan dokter tahap profesi. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian intervention design mixed method research. Intervensi dilakukan dengan cara kuasi eksperimental menggunakan disain one group pretest-post-test. Responden penelitian yang berjumlah 21 orang, adalah mahasiswa kepaniteraan klinik senior di SMF bedah dan SMF penyakit dalam. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan mengunakan instrumen Proto-clinical Dundee Polyprofesionalism Survey; data kualitatif diperoleh melalui reflective writing dan wawancara mendalam. Kemampuan refleksi diri dan tilikan dari mahasiswa digunakan sebagai variabel moderator dan diukur menggunakan instrumen SelfReflection and Insight Scale. Basil: Semua mahasiswa memberikan respon yang positif terhadap pengalaman belajamya menggunakan metode guided reflection. Terjadi peningkatan bermakna pada perilaku profesional mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran terstruktur PP dengan metode guided reflection. Pengetahuan sikap profesional mahasiswa juga mengalami peningkatan sekalipun tidak signifikan. Metode guided reflection terbukti memiliki educational impact dalam konteks pengembangan perilaku profesional bagi mahasiswa pendidikan dokter tahap profesi. Kesimpulan: Terdapat bukti awal bagi institusi bahwa metode guided reflection efektif digunakan sebagai metode pembelajaran terstruktur PP pada setting kelompok kecil pada pendidikan dokter tahap profesi.

Introduction: Guided reflection is one of teaching and learning methods known to be effective to foster professional values and behavior on students. Professional behavior will be the fundamental identity to carry out their profession in accordance with the set competence. Until recently, integrating teaching and learning about professional values and behavior especially in clinical education curriculum has been a challenge for medical education institution. This is unfortunate, because clinical education is the crucial stage for the development of student professionalism. Objective: The study aimed to determine the effectiveness of the use of guided reflection as structured method in teaching and learning professional values and behavior in clinical education. Methods: This was intervention design mixed method research. Intervention was a quasi-experimental using one group pretest-post-test study design. The respondents were twenty-one senior clerkship students in Surgery and Internal medicine departments. The research data were collected with a quantitative approach using proto-clinical Dundee Poly-professionalism Survey instrument and a qualitative approach through reflective writing and in-depth interview. The student self-reflection abilities and insights were used as moderator variables, measured by using Self-Reflection and Insight Scale instrument. Results: All students responded positively to their learning experiences. There were significant increases in students professional behavior after following structured teaching and learning with guided reflection method. There were also some increases in students professional attitudes, although not significant. Guided reflection method was proven to have educational impacts in the context ofdeveloping professional behavior on clerkship students. Conclusion : There was evidence for the institution that guided reflection method was effective to be used as structured method in teaching and learning professional values and behavior on small group setting in clinical education.

Kata Kunci : guided reflection, professional behavior, clinical education, Protoclinical Dundee Polyprofessionalism Survey, Self Reflection and Insight Scale

  1. S2-2016-353009-abstract.pdf  
  2. S2-2016-353009-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-353009-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-353009-title.pdf