Perbandingan Jenis Seleksi Mahasiswa Terhadapmotivasi Belajar. Strategi Belajar Dan Prestasi Belajarstudi Di Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo Kendari
ASHAERYANTO, Prof. Dr. dr. Tri Nur Kristina, DMM, M.Kes.; dr. Tridjoko Hadianto, DTM&H, M Kes
2016 | Tesis | S2 Ilmu Pendidikan KedokteranLatar belakang: Prestasi belajar mahasiswa di perguruan tinggi dimunculkan dalam bentuk Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Seleksi mahasiswa, motivasi belajar dan strategi belajar memberikan pengaruh dalam tercapainya belajar yang efektif dan efisien sehingga akan memudahkan mencapai tujuan belajar yang diinginkan.Mahasiswa kedokteran sebaiknya memiliki perilaku dan gaya belajar yang dapat membantu untuk melakukan pembelajaran seumur hidup. Mahasiswa yang dapat mengatur dirinya sendiri dalam belajar cenderung menggunakan strategi yang baik dalam menjalankan pembelajaran. Motivasi dan strategi belajaryang digunakan oleh pembelajar akan mempengaruhi hasil belajar. Tujuan penelitian:Membandingkan 3 jenis seleksi mahasiswa terhadap motivasi belajar,strategi belajar dan prestasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran. Metode Penelitian:Penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan potong lintang. Subjek penelitian adalah mahasiswa pre klinik di Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo Kendari yang terdiri dari Mahasiswa tahun pertama berjumlah 161 orang, tahun ke dua berjumlah 137 orang dan tahun ke tigaberjumlah 148 orang.Penelitian ini menggunakan kuesioner Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) untuk mengukur motivasi belajar dan strategi belajar. Hasil MSLQ dan IPK dibandingkan berdasarkan jenis seleksi mahasiswa Hasil:Pada semua kategori prestasi belajar, mahasiswa yang masuk melalui seleksi SBMPTN memiliki rerata tertinggi diikuti SNMPTN kemudian SLMPTN.Mahasiswa yang masuk melalui SBMPTN,SNMPTN dan SLMPTNmemiliki rerata Orientasi Tujuan Ekstrinsik yang tertinggi sedangkanyang terendah adalah Kepercayaan Diri Belajar & Prestasi. Nilai rerata tertinggi dari strategi belajar yang digunakan oleh mahasiswadari 3 jalur seleksi tersebut adalah Pengulangan sedangkan rerata terendah adalah Berfikir Kritis. Terdapat hubungan yang bermakna antara motivasi dengan prestasi belajar dan strategi dengan prestasi belajar. Simpulan: Mahasiswa yang masuk melalui SBMPTN memiliki prestasi belajar yang lebih tinggi, kemudian SNMPTN dan yang terendah adalah SLMPTN. Tidakada perbedaan yang signifikan antara mahasiswa yang masuk melalui ke 3 jalur tersebut terhadap motivasi dan strategi belajar.
Background:The learning achievement of students in higher education isreflected in their grade point average (GPA). Selection style in student admission,learning motivation,and learning strategiesare believed to influence the effectiveand efficient learning achievement, thus facilitating achieving the desired learningobjectives. Medical students shouldhavegood behavior and learning styles thateventually can help to make lifelong learning. Students that can organizethemselves to learning tend to use a good strategy in running the study. Learningmotivation and learning strategies used by the learner will affect student results. Objective:To compare the 3 types of selection in student admission to learningmotivation, learning strategies and achievement of students of the Faculty ofMedicine. Methods: This was a quantitative study using a cross sectional design. Thesubjects were preclinical students at the Faculty of Medicine of HaluoleoUniversity, Kendari, consisting of 161 first-year students, 137 second yearstudents, and 148 third year students. This study used a questionnaire Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) to measure learning motivationand learning strategies. The results of MSLQ and GPA were compared based onthe type of student selection. Results: Withn all categories of learning achievement, the highest scores wereacquired by students from selection of SBMPTN, followed by SNMPTN, thenSLMPTN. Mean of extrinsic goal orientation of students with all types of studentselection was high, whereas the lowest mean was learning self-confidence.Learning strategy with high score was repetition, and the lowest score was criticalthinking in students with all types of students selection. There was a positiverelationship between admission style, learning motivation, learning strategies andachievement of students. Conclusion:Students that were selected by SBMPTN have highest score oflearning achievement, and the lowest score were students from SLMPTN. Therewas no significant different of motivation and learning strategy between all typeof students selection.
Kata Kunci : Studentselection, learning achievement, learning motivation, learningstrategies