Pengaruh Gambar Tengkorak pada Bungkus Rokok Terhadap Keputusan Pembelian Rokok di Yogyakarta
RAMA PRAWIRA S, Suwardi, PH., Drs., M.M.
2016 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMEN SVPenelitian ini dilatarbelakangi oleh peraturan pemerintah yang diteken akhir tahun 2012, perusahaan rokok diberi waktu hingga pertengahan tahun 2014 untuk menyiapkan kemasan bergambar bahaya dampak merokok untuk memasarkan produknya. Asosiasi perusahaan produsen rokok juga menyatakan berlakunya kewajiban kemasan rokok dengan gambar tengkorak atau penyakit akibat bahaya merokok akan mengurangi tingkat konsumsi rokok di Indonesia. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh gambar tengkorak pada bungkus rokok terhadap keputusan pembelian konsumen rokok, untuk melihat pengaruh gambar tengkorak pada bungkus rokok terhadap keputusan pembelian konsumen rokok, dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian rokok. Variabel penelitian dan definisi operasional penelitian ini adalah Gambar Tengkorak pada Bungkus Rokok (X) dan Keputusan Pembelian (Y). Populasi penelitian adalah mahasiswa di lingkungan kampus PDEBSV dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan menggunakan cara Sampling Aksidental. Dalam penulisan tugas akhir ini penulis menggunakan jenis data kuantitatif. Menggunakan sumber data primer dengan metode pengumpulan data observasi, kuesioner, dan wawancara kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan teknik statistic infersal. Kesimpulan dari penelitian ini, Tidak ada pengaruh antara gambar tengkorak pada bungkus rokok terhadap keputusan pembelian rokok di Yogyakarta. Gambar Tengkorak pada Bungkus Rokok (X) tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Faktor kesadaran merek dan citra merek juga mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
This research is motivated by government regulations signed by the end of 2012, the tobacco companies have until mid-2014 to set up packaging display the harmful effects of smoking to market their products. Association of cigarette manufacturers also declared the obligation of cigarette packs with a skull or illness due to the dangers of smoking will reduce the level of cigarette consumption in Indonesia. The purpose of this paper is to determine whether or not the influence of a skull on cigarette packs of cigarettes on consumer purchasing decisions, to see the effect of a skull on cigarette packs of cigarettes on consumer purchasing decisions, and to determine what factors are influencing consumers in the purchase of cigarettes. The research variables and operational definitions of this research is the picture of the Wrap Skull Cigarette (X) and Purchase Decision (Y). The study population was a student in a campus environment PDEBSV using Non Probability Sampling technique using accidental sampling method. In this thesis the author uses quantitative data types. Use of primary data with observational data collection methods, questionnaire and interview then the data were analyzed with statistical techniques infersal. The conclusion of this study, no influence between the image of a skull on cigarette packs to cigarette purchasing decisions in Yogyakarta. Wrap Skull picture on Cigarette (X) does not significantly influence the purchase decision (Y). Factor brand awareness and brand image also influence consumer purchase decisions.
Kata Kunci : Citra, Kemasan, Keputusan pembelian, Rokok, Tengkorak