Laporkan Masalah

Marketing In Raminten 3 Cabaret Show as Special Interest Tourism

TIARA DINDA PRAMUDYA, Dr. Tular Sudarmadi, M.A., Yulita Kusuma Sari, S.T., M.Sc.

2016 | Skripsi | S1 PARIWISATA

Pertunjukan kabaret Raminten 3 adalah sebuah pertunjukan yang didirikan dan dikembangkan oleh seniman ternama, Hamzah Sutikno, yang juga pemilik jaringan rumah makan Raminten dan toko batik yang bernama Hamzah Batik, pertunjukan ini diadakan setiap hari Jumat dan Sabtu malam di rumah makan Raminten 3 gedung Hamzah Batik yang berlokasi di Jalan Malioboro Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pertunjukan kabaret Raminten 3 sebagai salah satu atraksi wisata budaya, dan untuk merekomendasi strategi pengembangan dari pertunjukan ini untuk menjadi salah satu atraksi wisata di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan mengumpulkan data melalui wawancara kepada pihak pengelola dan karyawan serta penyebaran kuesioner kepada para penonton pertunjukan kabaret Raminten 3 secara acak untuk mengetahui permintaan aktual dan strategi pemasaran saat ini yang digunakan oleh pihak pengelola pertunjukan kabaret. Hasil dari penelitian ini menunjukkan permintaan aktual dari pertunjukan kabaret Raminten 3 didominasi oleh kaum muda dan keluarga kelas menengah dengan latar belakang pendidikan tinggi yang berasal dari luar kota Yogyakarta. Mereka mengetahui tentang pertunjukan ini dari teman, saudara atau mendengar pengumuman tentang pertunjukan ini pada pengumuman di toko batik Hamzah ketika sedang berbelanja. Secara garis besar penonton menikmati pertunjukan kabaret ini dan memberi komentar yang membuktikan bahwa pertunjukan kabaret Raminten 3 dikelola secara profesional untuk dapat dikembangkan menjadi atraksi wisata. Penelitian ini menyarankan beberapa perbaikan kepada pihak pengelola pertunjukan Raminten 3 yang berhubungan dengan konten pertunjukan, lokasi pertunjukan serta strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah penonton dan dapat berkembang menjadi salah satu atraksi wisata di Yogyakarta yang tidak hanya menjadi sekedar pertunjukan pendukung rumah makan Raminten 3.

The Raminten 3 Cabaret Show is an attraction founded and developed by a well-known artist, Hamzah Sutikno, who is also the owner of the Raminten chain of restaurants and Hamzah Batik shop, and is performed every Friday and Saturday nights at the Raminten 3 restaurant on the 3rd floor of the Hamzah Batik located at the south end of Malioboro Street in Yogyakarta. This research attempts to evaluate the Raminten 3 Cabaret Show, as a growing cultural tourism attraction, and to recommend strategies for further development of the cabaret show to become one of tourism attractions in Yogyakarta. This research uses qualitative method and collects data through interviews to the management and staff of Raminten 3 Cabaret Show and distributing questionnaires to the audience of Raminten 3 Cabaret Show in order to define the actual demand and current marketing strategy of the cabaret show. The result of the research shows that the actual demand of Raminten 3 Cabaret Show is dominated by youngsters and middle-class families with high educational background who come mostly from outside Yogyakarta. They were introduced to the show by friends, relatives, or noticing announcement made in the batik store when doing shopping. They enjoy the show and comment proofing that the Raminten 3 Cabaret Show is managed professionally for a tourism attraction. The research suggests some improvements to be made by the management of Raminten 3 Cabaret Show in relation with the content and venue of the show and marketing strategy in order to increase the number of audiences to be tourism attraction in Yogyakarta not only as a supportive show of the Raminten 3 restaurant.

Kata Kunci : tourism product, tourism marketing, art performance, Raminten 3 Cabaret Show,produk pariwisata, pemasaran pariwisata, seni pertunjukan, Pertunjukan Kabaret Raminten 3

  1. S1-2016-327787-abstract.pdf  
  2. S1-2016-327787-bibliography.pdf  
  3. S1-2016-327787-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2016-327787-title.pdf