ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN USAHA MIKRO MUAMALAT (UMMAT) PADA PT BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK CABANG TEGAL
ELSA NUR ISTIKHANAH, Dra. Wahyu Hidayati, M.Si
2015 | Tugas Akhir | D3 EKONOMIKA TERAPAN SVProduk Pembiayaan Usaha Mikro Muamalat (UMMAT) merupakan salah satu produk pembiayaan yang dimiliki Bank Muamalat Indonesia. Sejak diluncurkan pada bulan Maret 2014 sampai dengan bulan Juni 2015 pencapaian target pembiayaan produk UMMAT mengalami naik turun yang tidak beraturan sehingga PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Tegal perlu menetapkan strategi-strategi pemasaran yang tepat agar dapat diterima oleh masyarakat luas dan dapat bersaing dengan bank lain yang memiliki produk sejenis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji strategi pemasaran dan menyusun strategi pengembanganproduk UMMAT pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Tegal. Metode analisis yang digunakan untuk strategi pengembangan pemasaran yaitu analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunity, Threat). Sumber data yang digunakan meliputi sumber data primer, yaitu data tentang penerapan strategi pemasaran produk UMMAT, identifikasi faktor eksternal dan internal yang diperoleh melalui wawancara dengan Unit Mikro Manager serta wawancara dengan nasabah. Data sekunder yang digunakan adalah data pencapaian penyaluran pembiayaan produk UMMAT Bank Muamalat Indonesia Cabang Tegal, data penduduk Kota Tegal menurut Agama yang dianut dirinci menurut kecamatan/kelurahan tahun 2013, jurnal serta publikasi Bank Muamalat Indonesia, dan brosur produk UMMAT. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh kesimpulan bahwa strategi pemasaran produk UMMAT yang diterapkan oleh Unit Mikro Muamalat (UMM) Bank Muamalat Indonesia Cabang Tegal terdiri dari; kanvasing, refrensi, komunitas, dan supply chain. Hasil penyusunan strategi pengembangan pemasaran produk UMMAT sesuai dengan faktor internal dan faktor eksternal yang kemudian dianalisis menggunakan matrik SWOT, terdiri atas; (a) Strategi SO (Strenghts Opportunities) strategi ini meliputi; meningkatkan kualitas produk UMMAT, meningkatkan kepuasan nasabah, dan memperkuat kerjasama dengan koperasi. (b) Strategi WO (Weakness Opportunities) strategi ini meliputi; meningkatkan promosi baik langsung maupun tidak langsung. (c) Strategi ST (Strenghts Threaths) strategi ini meliputi;meningkatkan sosialisasi produk kepada masyarakat dan membangun image produk yang bagus. (d) strategi WT (Weakness Threaths) adalah mengoptimalkan Sumber Daya Manusia dalam pemasaran produk, sehingga target dapat tercapai dengan maksimal.
Financing products Usaha Mikro Muamalat (UMMAT) is one of the financing products owned Bank Muamalat Indonesia. Since its launch in March 2014 until June 2015, achievement of target financing products UMMAT experiencing irregular up and down so the PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk Tegal Branch needs to establish marketing strategies that are appropriate in order to be accepted by the public and can compete with other banks that have similar products. The purpose of this research is to examine the marketing strategy and product development strategy UMMAT in PT Bank Muamalat Indonesia branch of Tegal. Methods of analysis used for marketing development strategy is SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunity, Threat). The source of the data used include sources of primary data, is data about the implementation of the marketing strategy of the product UMMAT, the identification of external and internal factors were obtained through interviews with Micro Unit Manager as well as interviews with clients. Secondary data is data distribution product financing achievement of UMMAT Bank Muamalat Indonesia branch of Tegal, Tegal population data according to the Religion embraced specified according to the subdistrict/village 2013, journals as well as publication of Bank Muamalat Indonesia, product brochure UMMAT. Based on the results of the analysis of the obtained conclusions that the marketing strategy of the UMMAT that were applied by the Unit's Micro Muamalat (UMM) Bank Muamalat Indonesia Branch Tegal consists of; canvas, references, community and supply chain. The results of the drafting of the strategy the development of the product marketing UMMAT in accordance with the internal factors and external factors which were then analyzed using the SWOT matrix, consisting of; (a) the strategy SO (Strenghts Opportunities) of this strategy include; enhance product quality, improve customer satisfaction of UMMAT, and strengthen cooperation with the cooperative. (b) WO Strategies (Weakness Opportunities) of this strategy include; increase the promotion of either directly or indirectly. (c) ST strategy (StrenghtsThreaths) this strategy includes improving dissemination products; to the community and build up the image of a good product. (d) WT strategies (Weakness Threaths) is optimizing human resources in marketing the product, so the target can be achieved to the maximum.
Kata Kunci : Kata kunci: Pembiayaan UMMAT, Strategi Pemasaran, Faktor Internal, Faktor Eksternal, SWOT