Laporkan Masalah

Analisis pengaruh harga, citra merek, dan kredibilitas perusahaan terhadap niat membeli konsumen pada produk Kawasaki di kota Yogyakarta

SANTOSO, Pamuji Hari, Slamet Santoso Sarwono, Dr., M.B.A

2010 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, citra merek, dan kredibilitas perusahaan terhadap niat membeli. Penelitian ini dilakukan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta selama bulan Juli - Agustus 2010. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh penduduk atau masyarakat yang bertempat tinggal di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta. Convenience sampling menjadi pilihan peneliti dalam pengambilan sampelnya, Untuk pengumpulan data, penulis menyebarkan 250 kuesioner kepada responden, tetapi hanya 217 data yang layak untuk digunakan. Alat analisis yang digunakan yaitu uji validitas dan realibilitas, regresi berganda, asumsi klasik dan determinasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: harga berpengaruh signifikan dan positif terhadap niat membeli (p=0,372; p=0,000<0,05), citia merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap niat membeli (p=0,346; p=0,000<0,05), dan kredibilitas perusahaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap niat membeli (p=0,128; p=0,036<0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa harga, citra merek, dan kredibilitas perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap niat konsumen untuk membeli produk Kawasaki.

The main objective of this research is to identify the influence of price, brand image, and corporate credibility toward intention to buy. This research was done in D.I Yogyakarta in July-August 2010. The population of this research is the D.I Yogyakarta citizen. Convenience sampling became the researcher's choice in sampling method. In the data collection, researcher distributed 250 quetioner to respondent, but only 217 quetioner was used. The data collection were analized by using validity and reliability test, multiple regressions, classic assumption, and double determinant assumption. The result show us : price has significant and positive impact toward intention to buy (P=0,372; p=0,000<0,05), brand image has significant and positive impact toward intention to buy (p==0,346; p=0,000<0,05), and corporate credibility has significant and positive impact toward intention to buy (p=0,128; p=0,036<0,05). It could be concluded that price, brand image, and corporate credibility have significant and positive impact toward the consumer intention to buy Kawasaki product.

Kata Kunci : Harga,Citra merek,Kredibilitas perusahaan,Niat membeli

  1. S2-FEB-2010-PamujiHariSantoso-Abstract.pdf  
  2. S2-FEB-2010-PamujiHariSantoso-Bibliography.pdf  
  3. S2-FEB-2010-PamujiHariSantoso-Tableofcontent.pdf  
  4. S2-FEB-2010-PamujiHariSantoso-Title.pdf