Laporkan Masalah

Analisis Strategi Bisnis PT. Intan Pariwara dalam Industri Penerbitan Buku Ajar Nasional

KRISNAWAN WIJAYANTO, Dr. Harsono, M.Sc.

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Industri penerbitan buku ajar adalah industri dengan pangsa pasar yang besar dan pertumbuhan kecil, sementara pelaku bisnis industri penerbitan saat ini menunjukkan pertumbuhan yang cukup besar. Pertumbuhan pelaku bisnis yang tidak diimbangi peningkatan pangsa pasar membuat persaingan bisnis dalam industri buku ajar sangat ketat. Ketatnya persaingan dalam industri penerbitan buku ajar menuntut para pelaku bisnis membuat buku ajar yang berkualitas, harga terjangkau, dan mampu memberikan pelayanan yang memuaskan. Buku ajar yang berkualitas tidak hanya lolos standarisasi BSNP tetapi juga harus memenuhi kriteria-kriteria kebutuhan konsumen. PT. Intan Pariwara adalah perusahaan penerbitan buku ajar dengan segmentasi produk untuk TK, SD, SMP, dan SMA/SMK. Dengan tingkat persaingan bisnis saat ini maka penting bagi PT. Intan Pariwara untuk merumuskan strategi bisnis yang sesuai dengan kondisi eksternal dan internal yang dimilikinya. Analisis dalam penelitian ini dilakukan terhadap profil perusahaan, analisis lingkungan eksternal dan lingkungan internalnya. Lingkungan eksternal mencakup analisis lingkungan makro dan mikro. Analisis internal dilakukan dengan menggunakan Capability Profile Analysis dan Value Chain Analysis. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka diusulkan strategi yang tepat digunakan oleh perusahaan adalah menggunakan strategi diferensiasi dengan konsekuensi ketat pada penciptaan buku yang unik dan berkualitas, serta pelayanan untuk menumbuhkan loyalitas konsumen terhadap buku PT. Intan Pariwara. Kualitas produk buku ajar tidak hanya sesuai standar pemerintah melalui BSNP, lebih dari itu produk buku harus mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen berdasarkan kriteria penilaian buku yang mencakup kriteria penerbit, kriteria fisik, kriteria isi, dan kriteria instruksi. Sementara untuk pelayanan ditekankan pada penerapan Customer Relationship Management (CRM), pembekalan product knowledge pada karyawan pemasaran, serta strategi promosi dan hadiah untuk target penjualan tertentu.

Publishing industry is an industry with a large market share with small growth. In other side publishing company is currently showing rapid in growth. The growth of company that are not comparable the growth of market share in the industry makes the competition very tight. The intense competition in the publishing industry requires company to concern in quality, affordable prices, and is able to provide satisfactory service. Product from publisher not only meet with BSNP quality standardization, but also shall meet the criteria of consumer needs. PT. Intan Pariwara is a book publishing company with the product segmentation for kindergarten, elementary, junior high, and high school. With the level of competition in the business, it is important for PT. Intan Pariwara to formulate business strategies in accordance with its external and internal environment. The analysis in this study conducted on company profile, analysis of the external environment, and internal environment. The external environment includes an analysis of macro and micro environment. Internal analysis is done by using the Capability Profile Analysis and Value Chain Analysis. Based on the analysis then proposed right strategy used by the company is using a strategy of differentiation with strict consequences on the creation of unique and quality of books, as well as services to create customer loyalty. The quality of products is not only meet BSNP government standardization, but also the product of books to be able to meet the needs and desires of consumers based on judging criteria that includes publishers criteria, physical criteria, content criteria, and instruction criteria. For services, it is important to implement of Customer Relationship Management (CRM), learning product knowledge in marketing employees, as well as promotional strategies and gifts for certain sales targets.

Kata Kunci : Kata kunci : Strategi bisnis, PT. Intan Pariwara, Porter�s Five Forces, Value Chain Analysis, Capability Profile Analysis.

  1. S2-2016-373497-abstract.pdf  
  2. S2-2016-373497-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-373497-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-373497-title.pdf