Hubungan Antara Perkembangan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Remaja Awal Dengan Kecanduan Smartphone
CYNTHIA AMANDA UTAMI KURNIAWAN, Maria Goretti Adiyanti
2016 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIKebutuhan manusia untuk terus berhubungan dengan orang-orang dan lingkungan sekitar mereka telah mendorong perkembangan teknologi, untuk mengembangkan alat yang dapat tetap menjaga koneksi tersebut dengan berbagai jaringan, salah satunya adalah smartphone. Smartphone yang memiliki berbagai macam fungsi ini ( komunikasi, pekerjaan, dan hiburan) kemudian mendominasi kehidupan seorang individu, dan menjauhkan seseorang dari orang-orang dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui hubunganantara perkembangan keterampilan komunikasi interpersonal pada remaja awal dengan kecanduan Smartphone. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah keterampilan komunikasi interpersonal. Sedangkan variabel independennya adalah kecanduan smartphone. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dua skala, yaitu skala kecanduan smartphone yang diadaptasi dari skala kecanduan game-online dan skala keterampilan komunikasi interpersonal. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh negatif dari kecanduan smartphone terhadap perkembangan keterampilan komunikasi interpersonal. Total subjek dalam penelitian ini adalah 86 siswa SMP yang berasal dari dua sekolah, yaitu sekolah negeri dan sekolah swasta di Yogyakarta. Melalui analisis korelasi Spearman rho untuk pengolahan data, diperoleh hasil bahwa tidak adanya hubungan atau pengaruh yang signifikan antara kecanduan smartphone dengan perkembangan keterampilan komunikasi interpersonal ( p = 0,355 , p > 0,05 ). Kemudian dilakukan analisis tambahan yang memberikan hasil, adanya perbedaan tingkat kecanduan yang signifikan terhadap pengguna smartphone diatas lima jam, namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan komunikasi interpersonalantara penggunaan yang berada diatas 5 jam maupun dibawah 5 jam.
Humans need to connect to other people and their surrounding, has pushed technology development to create a device that can maintain multiple line of connections, one of the technologies created to fulfill that need was Smartphone. While it has become a significance part of ones life, whether to communicate, work or just simply having fun, smartphone also has dominated ones time to actually relate to others in their life. The purpose of the research was to discover how smartphone addiction related to early adolescence interpersonal communication skill development. The dependent variable of this research was smartphone addiction, and the independent variable was interpersonal communication skill. This research used qualitative research method, using smartphone addiction scale adapted from online-gaming addiction scale, and interpersonal communication scale to measure interpersonal communication skill. This research hypothesized that there is a negative effect on interpersonal communication skill caused by smartphone addiction. Subjects was taken from public and private school in Yogyakarta with total 86 students involved in the research. Using Spearman rho to anylize data, it was shown that there is no positive correlation that smartphone addiction directly impact the interpersonal communication skill ( p = 0,355 , p > 0,05 ). Additional analysis was conducted, and show that there was a difference of addiction level according to different total of smartphone usage above five hours, but there is no significant difference of the interpersonal communication skill between the group of five hour or above, and the group of lower than five hours. .
Kata Kunci : interpersonal communication skill, smartphone addiction, early adolescence.