Laporkan Masalah

TANDA VERBAL DAN TANDA VISUAL IKLAN LAYANAN MASYARAKAT

I TYAS SUMBO TINARBUKO, DRS.,M.SN., Prof. Dr. Marsono, S.U; Prof. Dr. Soepomo Poedjosoedarmo; Prof. Dr. I Dewa Putu Wijana, S.U., M.A

2015 | Disertasi | S3 Linguistik

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan interaksi tanda verbal dan pesan verbal (terkait dengan judul, subjudul, dan teks) serta tanda visual dan pesan visual (terdiri dari ilustrasi, tipografi, dan tatavisual) iklan layanan masyarakat. Penelitian ini juga dilakukan untuk memahami makna konotasi atas keberadaan tanda verbal dan tanda visual serta pesan verbal dan pesan visual yang muncul dalam iklan layanan masyarakat. Bagi produsen tanda yang terdiri dari desainer komunikasi visual, mempelajari semiotika komunikasi visual untuk memahami tanda, kode dan makna konotasi iklan layanan masyarakat menjadi sangat penting. Dengan demikian, produsen tanda akan lebih kreatif dalam menciptakan tanda verbal dan tanda visual serta pesan verbal dan pesan visual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan dan menginterpretasikan makna konotasi iklan layanan masyarakat berdasarkan bangunan teori semiotika, teori desain komunikasi visual, dan teori gaya bahasa. Metode analisis semiotika komunikasi visual ditawarkan dan dimanfaatkan sebagai metode analisis tanda verbal dan tanda visual serta pesan verbal dan pesan visual. Proses analisis objek penelitian dilakukan dengan memanfaatkan konsep Triadik Analisis Semiotika Komunikasi Visual. Konsep Triadik Analisis Semiotika Komunikasi Visual penulis ciptakan untuk mengidentifikasikan, mendeskripsikan dan memahami makna konotasi atas tanda verbal dan tanda visual serta pesan verbal dan pesan visual yang terkandung dalam iklan layanan masyarakat. Dalam penelitian ini, mendeskripsikan interaksi tanda verbal dan tanda visual serta pesan verbal dan pesan visual yang terkandung dalam iklan layanan masyarakat, menjadi pokok bahasan Bab II. Pada Bab III dari penelitian ini, berisi analisis gaya bahasa yang terkandung dalam iklan layanan masyarakat. Sedangkan pokok bahasan Bab IV, upaya memahami makna konotasi atas interaksi tanda verbal dan tanda visual serta pesan verbal dan pesan visual yang terkandung dalam iklan layanan masyarakat.

The purpose of this research is to describe the verbal sign-verbal message (related to the title, subtitle, and text), and visual sign-visual message (consist of illustration, typography, and visual layout) of public service advertising. This research is done to conceive the connotation meaning of the verbal sign-visual sign, and verbal message-visual message existence that appear on the public service advertising. For the sign producer that consist of visual communication designer, studied semiotics of visual communication is an important thing to understanding the sign, code, and connotation meaning of public service advertising. This research using qualitative method to describe and intepretat the connotation meaning of public service advertising based on semiotics theory, design of visual communication theory, and style of language theory. Semiotics of visual communications analysis method is offered and used as a verbal sign-visual sign and verbal message-visual message analysis method. The research object analysis process used the semiotics of visual communications analysis triadic concept. This concept created by the writer to identify, describe, and understand the connotation meaning of verbal sign-visual sign and verbal message-visual message on public service advertising. This research describe the verbal sign-visual sign and verbal message-visual message on public service advertising become the core entity in chapter II. The chapter III of this research consist of style of language analysis on the public service advertising. Then in chapter IV, understanding the connotation meaning of verbal sign-visual sign and verbal message-visual message on public service advertising

Kata Kunci : Semiotika Komunikasi Visual, Triadik Analisis Semiotika Komunikasi Visual, Tanda, Kode dan Makna Konotasi Iklan Layanan Masyarakat, Pesan Verbal dan Pesan Visual.

  1. S3-2015-240749-abstract.pdf  
  2. S3-2015-240749-bibliography.pdf  
  3. S3-2015-240749-tableofcontent.pdf  
  4. S3-2015-240749-title.pdf