Laporkan Masalah

MEDIA IKLAN YANG DIGUNAKAN PT GARUDA INDONESIA BRANCH OFFICE YOGYAKARTA UNTUK MENARIK MINAT PENUMPANG

MUTIARANI MUFTI, Elisa Dwi Rohani, S.E., M.Sc.; Widyarini Wirjono, S.E., M.M.

2015 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN SV

PT Garuda Indonesia telah menjadi maskapai terbaik di Indonesia, namun PT Garuda Indonesia tetap harus bersaing dengan maskapai - maskapai baru yang ada di Indonesia. Untuk mempertahankan sebagai maskapai terbaik di Indonesia, PT Garuda Indonesia harus memperbaiki layanan dan fasilitas Garuda Indonesia dan tetap harus memiliki strategi untuk promosi agar minat penumpang semakin tinggi. Promosi merupakan upaya yang harus dilakukan agar masyarakat tertarik dengan produk yang ditawarkan. Dalam melakukan promosi, PT Garuda Indonesia menggunakan berbagai macam media iklan sebagai sarana untuk mempromosikan produknya. Tujuan tugas akhir ini untuk mengetahui media iklan apa saja yang digunakan PT Garuda Indonesia Branch Office Yogyakarta untuk menarik minat penumpang dan alasan PT Garuda Indonesia Branch Office Yogyakarta menggunakan media iklan tersebut. Dalam menyusun tugas akhir ini penulis menggunakan berbagai macam metode pengumpulan data diantaranya observasi, metode wawancara, dokumentasi, serta studi pustaka. Hasil penelitian memaparkan PT Garuda Indonesia Branch Office Yogyakarta menggunakan media iklan koran, radio, reklame luar (billboard, x-banner, mini x-banner, roll banner, one way dan spanduk), brosur dan sejenisnya (flyer dan poster) untuk menarik minat penumpang dan alasan PT Garuda Indonesia Branch Office Yogyakarta memilih media iklan yang digunakan karena penggunaannya yang efektif, pembuatannya tidak membutuhkan waktu yang lama, banyak di akses oleh masyarakat dan harganya terjangkau.

PT Garuda Indonesia has become the best airline in Indonesia, but PT Garuda Indonesia still has to compete with other airlines and new airlines in Indonesia. To maintain as the best airline in Indonesia, PT Garuda Indonesia should improve services and facilities, Garuda Indonesia still have to have a strategy for the promotion that the higher the interest of passengers. Promotion is an effort that must be done so that people interested in the products offered. In doing promotions, PT Garuda Indonesia should use a variety of media advertising as a means to promote their products. The purpose of this study to know what advertisement of media that are used PT Garuda Indonesia Branch Office Yogyakarta to attract the passengers interests and the reasons of PT Garuda Indonesia Branch Office Yogyakarta using the advertising media. In compiling this study the author uses some variety of data collection methods including observation, interview, documentation, and also literature review. The results of research explained PT Garuda Indonesia Branch Office Yogyakarta using the media advertisement of newspaper, radio, outdoor billboards (billboards, x-banner, mini x-banners, roller banners, one way and banners), brochures and the like are (flyers and posters) to attract the passengers interests and the reasons of PT Garuda Indonesia Branch Office Yogyakarta and the reasons PT Garuda Indonesia Branch Office Yogyakarta selecting advertising media that are used because of their use of effective, it is manufacture does not need a long time, many in the access by the public and the price is an affordable.

Kata Kunci : media iklan, penumpang, PT Garuda Indonesia Branch Office Yogyakarta.

  1. D3-2015-337559-abstract.pdf  
  2. D3-2015-337559-bibliography.pdf  
  3. D3-2015-337559-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2015-337559-title.pdf