PROSES INTERNASIONALISASI PERUSAHAAN DI INDONESIA
WORO NUGRAHENI, Nurul Indarti, SE., Sivilekonom., Cand. Merc., Ph.D
2015 | Tesis | S2 SAINS MANAJEMENPenelitian ini bertujuan untuk mengeskplorasi faktor-faktor pendorong dan proses internasionalisasi perusahaan di Indonesia dengan menggunakan perspektif Uppsala dan Jejaring. Pendekatan kualitatif dengan desain beragam studi kasus yang berasal dari tujuh perusahaan berskala kecil, menengah dan besar pada industri obat dan makanan digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini mengklasifikasikan faktor pendorong internasionalisasi perusahaan menjadi tiga: (a) faktor individu, (b) faktor organisasional dan (c) faktor pengetahuan. Faktor pengetahuan diketahui memiliki peran penting dalam proses internasionalisasi karena berada pada level individu dan organisasi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan terdapat lima tahapan dalam proses internasionalisasi perusahaan di Indonesia: (1) fokus pasar lokal, (2) ekspansi internasional, (3) ekspor mandiri, (4) komitmen internasional dan (5) kepemilikan internasional. Selain itu, dua bentuk proses internasionalisasi perusahaan dapat diidentifikasikan dalam penelitian ini, yaitu bertahap dan tidak bertahap.
The objective of this research is to explore important factors and firm internationalization process in Indonesia using Uppsala and Network perspective. Qualitative approach with descriptive multiple case study from seven of small, medium and big firms in food and pharmacy industry is used in this research. Result of this study classified three important factors in firm internationalization: (a) individual factor, (b) organizational factor and (c) knowledge factor. that In this study, knowledge factor is showed to have an important role in firm internationalization process because its in level of individual and organizational. There are five stages of firm internationalization process in Indonesia: (1) focus on local market, (2) international expansion, (3) direct export, (4) international commitment and (5) international ownership. The result of this study also identified two types of internationalization as sequential process and non-sequential process.
Kata Kunci : Kata kunci: internasionalisasi, perspektif Uppsala, perspektif Jejaring, kualitatif, beragam studi kasus, Indonesia, pengetahuan/Keywords: internationalization, Uppsala perspective, Network perspective, qualitative, descriptive multiple case studies, Indo