Rencana Stategi Bersaing PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk dalam Bisnis Compressed Natural Gas
ROMADHON, Doni Mulyawan, Dr. Widigdo Sukarman, M.B.A., M.P.A
2010 | Tesis | S2 Magister ManajemenDalam dunia usaha minyak dan gas bumi di Indonesia, PT Perusahaan Gas egara merupakan perusahaan yang telah eksis dari jaman Belanda. Namun pada perkembangannya banyak pesaing yang lahir untuk berkompetisi di pasar yang sarna dengan produk yang sama. Hal ini memaksa setiap perusahaan untuk dapat merungkatkan perfoma perusahaannya. Salah satunnya adalah dengan pengembangan usaha dan diversifikasi usaha. Diversifikasi yang dilakukan oleh PG adalah diversifikasi daJarn bidang Compre sed Natural Gas (CNG) dengan pasar di Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk Melakukan analisis terhadap kebijakan dan strategi PGN dalam melakukan diversifikasi usaha untuk bersaing di pasar Compressed Natural Gas khususnya di pasar Jawa Barat dan juga dapat djjadikan sebagai acuan strategi pengembangan usaha didaerah lain. Melakukan analisis terhadap peluang, ancarnan, kekuatan, dan kelemahan apa yang dimiliki oleh PGN terutama dalam bidang CNG. Melakukan analisis keunggulan bersaing PGN dalam bidang CNG. Mengidentifikasi key success factors apa yang dimilikj oleh PGN dalam bidang CNG. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan mengembangkan data - data yang bersifat umum dan terbuka, menggunakan alat analisis strategi bersaing FiveForces Model Analysis, Analisis SWOT, Keunggulan kompetitif analisis, Key Succes Factors Identification Analysis dan Value Chain Analysis (anali sis rantai nilai). Hasil analisis menunjukkan bahwa diversifikasi yang dilakukan oleh PGN dalam bidang CNG dengan mengambil pasar Jawa Barat dapat dilakukan memiliki peluang pasar yang masih Iebar dan peluang PGN untuk memenangkan pasar luas. Permodalan CNG menggunakan dana internal PGN sebesar 0.00325% dari total modal usaha PGN dan dapat rnemberikan kontribusi laba bersih kepada perusahaan sebesar 0.42% dan penambahan penjualan gas Jawa Barat sebesar 0.89%. Dari sisi lain adalah tingkat popularitas PGN bertambah karena dapat menyediakan aJtematif bahan bakar yang relatif lebih rnurah dan ramah lingkungan.
In the world of oil and gas business in Indonesia, PT Perusahaan Gas Negara is a company which has existed from the Dutch era. But in its development, many competitors are born to compete in the same market with the same product. This forced each company to improve company performance. One of which is to business development and diversification. Diversification is undertaken by PGN is diversification in the field of Compressed Natural Gas (CNG), with markets in West Java. This study aims to conduct an analysis of policies and strategies PGN in diversifying the business to compete in the market Compressed Natural Gas market, especially in West Java and also can serve as a reference for business development strategy in other areas. Conduct analysis of opportunities, threats, strengths, and weaknesses of what is owned by PGN, especially in the field of CNG. Perform analysis of PGN competitive advantage in the field of CNG. Identify key success f actors of what is owned by PGN in the field of CNG. The study was descriptive with developing data- data that are general and open, use competitive strategy analysis tool Five-Forces Model Analysis, SWOT analysis, competitive advantage analysis, Key Success Factors Identification Analysis and Value Chain Analysis (analysis of the value chain). The results show that diversification undertaken by PGN in the field of CNG by taking the West Java market can be a market opportunity is still wide and PGN chance to win a. broad market. Capital CNG use internal funds PGN was 0.00325% of the total venture capital PGN and can contribute to the Management net income amounted to 0.42% and the addition of West Java gas sales amounted to 0. 89%. From the other side is the level of popularity PGN increased due to supply alternative fuels are relatively cheap and environmentally friendly
Kata Kunci : Diversifikasi, Strategi bersaing, Analisis SWOT, Key success factors,Value chain analysis, CNG-compressed natural gas, Jawa Barat