Laporkan Masalah

Analisis strategi PT Wijaya Karya Beton untuk menciptakan sustainable competitive advantage :: Studi kasus pada PT Wijaya karya Beton

MURSYID, Eko Suwardi, Dr.,M.Sc

2010 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi straregi yang teiah dibuat dan diterapkan oleh PT Wijaya Karya Beton (Wika Beton) sebagai produsen produk beton pracetak yang telah berhasil menjadi pemimpin pasar di Indonesia. Keberhasilan Wika Beton sebagai pemimpin pasar dalam jangka panjang menjadi fenomena yang menarik mengingat daya tarik pada industri ini masih cukup tinggi dengan kondisi pasar yang masih terbuka. Membuat analisis dan melakukan evaluasi terhadap strategi Wika Beton dapat memberikan gambaran bagaimana perusahaan ini mampu mempertahankan keunggulan dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Selanjutnya bisa memberikan rekornendasi terbadap strategi alternatifyang dapat diterapkan untuk meningkatkan daya saing di masa depan. Prosedur analisis dan evaluasi strategi yang digunakan mengacu pada kerangka kerja yang dikembangkan oleh David (2004). Pertama, melakukan kaji ulang terhadap landasan strategi dengan mengevaluasi terhadap matriks EFE dan IFE Wika Beton. Untuk mendukung kaji ulang tersebut dibuat anal isis five forces dari Porter. matriks TOWS, dan matriks SPACE. Kedua, melakukan pengukuran terhadap kinerja perusahaan Wika Beton dalam periode tinjauan yaitu tahun 2004 sampai dengan 2008. Dalam tahap ini dibandingkan antara hasil usaha yang dicapai dengan target yang sudah direncanakan. Ketiga, mengambil tindakan korektif jika dalam kedua tahapan di atas terjadi perubahan yang signifikan dengan cara memberikan masukan strategi alternatif baru. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa Wika Beton mampu menciptakan keunggulan kompetitif dalam jangka panjang (sustain). Hasil analisis dan evaluasi strategi memperlihatkan bahwa strategi yang digunakan memiliki kesesuaian dengan faktor-faktor kunci keberhas ilan, posisi, dan profit perusahaan. Meskipun dalam penelitian ini tidak ditemukan perubahan yang signifikan antara hasil dan evaluasinya namun beberapa rekomendasi strategi altematif yang baru perlu ditambahkan agar kinerja dan daya saing Wika Beton semakin meningkat. Kata kunci: keunggulan kompetitifjangka panjang, matriks EFEIIFE dan IE, analisis lima kekuatan, matriks TOWS. matriks SPACE.

This research aims to analyze and evaluate the strategies that have been created and implemented by PT Wijaya Karya Beton (Wika Beton) as the manufacturer of precast concrete products and have succeeded in becoming the market leader in Indonesia. Wika Beton success as a market leader in the long-term became the phenomenon that was interesting where the attractiveness of this industry is still relatively high with the market conditions that are still open. Made the analysis and carried out the evaluation towards their strategies can give a description of how the company was able to maintain their excellence and determine the factors influencing it. Furthermore, can provide recommendations on the alternative strategies that can be applied to enhance competitiveness in the future. The analysis procedure and evaluation of the strategies used refers to a framework developed by David (2004). Firstly, it conducted a review on the basis of a strategy by evaluating the EFEIIFE Matrix of Wika Beton. To support the review were made in the analysis of Porter's five forces, TOWS matrix and SPACE Matrix. Secondly. measuring the performance of Wika Beton in the review period 2004 to 2008 and make a comparison between the results against the target. Thirdly, take corrective action if both of the stage significantly changes by providing a new alternative strategy input. The conclusion of this study is Wika Beton able to create a competitive advantage in the long-term (sustainable). The analysis and evaluation results show that the strategy has a compatibility with the key success factors, position and company profiles. Although in this study is not found significantly the changes between the evaluation results and recommendations but some new alternative strategies need to be added in order to increase the performance and competitiveness. Keywords: sustainable competitive advantage, EFEIIFE and IE Matrix, five f orces analysis, TOWS matrix, SPACE matrix

Kata Kunci : Keunggulan kompetitif jangka panjang,Matriks EFE/IFE dan IE,Analisis lima kekuatan,Matriks TOWS,Matriks SPACE

  1. S2-FEB-2010-MURSYID-ABSTRACT.pdf  
  2. S2-FEB-2010-MURSYID-BIBLIOGRAPHY.pdf  
  3. S2-FEB-2010-MURSYID-TABLEOFCONTENT.pdf  
  4. S2-FEB-2010-MURSYID-TITLE.pdf