Laporkan Masalah

Analisis pengaruh Persepsi atas Negara Asal terhadap Penilaian Konsumen atas Merek Sepatu Olah Raga

MAHINDRA, FX. Erwin, Basu Swastha Dharmmesta, Prof., Dr., MBA

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Studi ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang mendekati mengenai pengaruh negara asal (Country of Origin) pada penilaian konsumen terhadap merek sepatu olahraga: Nike dari Amerika Serikat, Adidas dari Jerman, Fila dari ltalia dan Umbro dari lnggris. Penilaian konsumen ditinjau dari beberapa faktor: kualitas, desain, teknologi, harga dan distribusi. Kuisioner dipergunakan sebagai instrumen dalam pengumpulan data responden. Metode pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik pengambilan purposive (judgement) sampling. Hasil dari analisis deskripsi yang telah dilakukan adalah Country of Origin (COO) masih memiliki dampak yang cukup besar dalam pengambilan keputusan pada konsumen Indonesia, khususnya produk sepatu olahraga. Tidak semua merek atau produk bisa diasosiasikan secara efektif dengan negara asalnya, namun cara mengasosiasikan merek tertentu kepada negara tertentu bisa mengangkat kredibilitas merek. Merek yang memiliki persepsi lebih rendah dibanding negara asal merek, bisa menggunakan asosiasi sekunder (COO) untuk membantu meningkatkan citra merek itu sendiri. Kata kunci: Country of Origin (COO), ekuitas merek, citra negara, Halo Effect, citra merek, summary construct, paired sample T test, korelasi bivariat, mean, analisis kuadran

This paper is planned to give an information processing consumer perspective underlying the effects of country-of-origin and spesific attribute information on sport shoes product: Nike from USA, Adidas from Germany, Fila from Italia and Umbro from England. Consumer perspective measured from several factors: quality, design, technology, price and distribution. This research used questionnaire to 216 respondents. Sampling method used in this research is non probability sampling by using judgement sampling. Using bivariate correlation analysis, mean and quadrant analysis, this research found that Country-of-origin has major impact on consumer decision making, especially sport shoes product. Not all brand or product can be well associated effectively with its country origin, depending on how or the way of the product or brand has been associated. A product which has a weaker perception from its country origin its brand image. can use secondary association to increase Keywords: country-of-origin, brand equity, country image, Halo effect, brand image, summary construct, paired sample T test, mean, quadrant analysis, bivariate correlation analysis

Kata Kunci : Country of origin (COO),Ekuitas merek,Citra negara,Halo effect,Citra merek,Summary construct,Paired sample T test,Korelasi bivariat,Mean,Analisis kuadran

  1. S2-FEB-2009-FX__Erwin_Mahindra-ABSTRACT.pdf  
  2. S2-FEB-2009-FX__Erwin_Mahindra-BIBLIOGRAPHY.pdf  
  3. S2-FEB-2009-FX__Erwin_Mahindra-TABLEOFCONTENT.pdf  
  4. S2-FEB-2009-FX__Erwin_Mahindra-TITLE.pdf