Keramik Plered, Purwakarta-Jawa Barat :: Kontinuitas dan perubahannya
ROSADI, Hendy, Prof.Dr. R.M. Soedarsono
2003 | Tesis | S2 Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni RupaPlered merupakan salah satu industri keramik di Jawa Barat. Tingkat kebutuhan manusia yang makin meningkat akan benda ini yang diikuti oleh perkembangan populasi manusia serta interaksi antar keduanya melalui komunikasi cenderung menyebabkan keramik menjadi makin popular dan merupakan peluang sebagai salah satu mata pencaharian. Peluang ini kemudian di minati oleh banyak orang di Plered dan menimbulkan motivasi untuk menjadi perajin keramik sebagai mata pencahariannya. Fenomena ini berkembang dan ditandai dengan munculnya para perajin keramik yang kemudian berkembang menjadi industri keramik yang menyebar di Plered. Plered merupakan salah satu lokasi wisata di Jawa Barat, oleh karena itu benda-benda keramik pada sentra keramik Plered diharapkan dapat memenuhi selera wisatawan. Benda-benda keramik Plered merupakan hasil kaiya seni, dengan demikian benda-benda keramik Plered yang pasarannya ditujukan khusus untuk wisatawan dapat dikategorikan sebagai benda keramik seni wisata. Sebagai salah satu tujuan wisata, Plered harus mempersiapkan diri menghadapi dampak yang ditimbulkan oleh pariwisata. Dampak positif pariwisata terhadap sentra keramik Plered dapat di pertimbangkan untuk kemajuan sentra keramik Plered, sedangkan dampak negatifnya diharapkan dapat di antisipasi oleh sentra keramik Plered. Kajian penelitian ini menunjukkan bahwa, ada hubungan yang signifikan antara bentuk benda-benda keramik Plered sebelum dan sesudah menjadi daerah tujuan wisata di Jawa Barat. Kata-kata kunci : Keramik, Plered, Pariwisata.
Plered is one of the ceramic industries in West Java. Our need for ceramic increases as the human population gets bigger and human interaction increases. The escalating communication among humans made ceramics more popular. In turn, this creates an opportunity for humans to earn a living from it. This opportunity interest many of the residence in Plered and drives them to become ceramic craftsmen as their occipation. This phenomenom developed further, marked by the change from ceramic craftmen to ceramic industries found all over Plered. Plered is one of the tourist destinations in West Java, and because of this ceramic products of the Plered ceramic center must comply to the taste of tourists. Plered ceramic products are works of art, and those produced to fulfill the needs of tourist can be categorized as tourism art ceramic products. As a tourist destination, Plered must prepare itself to face the impact of tourism. Positively, tourism can drive the Plered ceramic center to be developed further while anticipating the negative impacts. This research analysis reveals that there is a significant relation between the forms of Plered ceramic products before and after Plered became a tourist destination in West Java. Key words : Ceramic, Plered, Tourism.
Kata Kunci : Seni Keramik,Plered,Jawa Barat,Perubahan