Laporkan Masalah

PELINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN ATAS PENJUALAN PRODUK SOFTWARE DAN HARDWARE RAKITAN OBRAL DI PUSAT ELEKTRONIK KAWASAN MANGGA DUA

M PIETE ALLAM O, Alfatika Aunuriella Dini, S.H. M.Kn, Ph.D.

2022 | Tesis | MAGISTER ILMU HUKUM (KAMPUS JAKARTA)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tantangan hukum yang dihadapi oleh konsumen terhadap kurangnya pengetahuan masyarakat akan perkembangan teknologi membuat posisi antara penjual dan pembeli komputer menjadi tidak sama satu sama lain. Keinginan untuk mengambil untung sebanyak banyaknya terkadang membuat penjual melakukan hal-hal yang dapat merugikan konsumen. Penelitian inii bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis perlindungan hukum yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada konsumen terhadap penjualan software dan hardware rakitan di kawasan elektronik Mangga Dua sesuai dengan peraturan perundang-undangan tentang perlindungan konsumen dan peraturan terkait lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis-empiris, yaitu merupakan penelitian yang menganut obyek penelitian berdasarkan pada perilaku masyarakat sebagai akibat yang timbul dari interaksi dengan sistem norma yang tersedia seperti peraturan perundang-undangan maupun terhadap aksi yang membentuk peraturan perundang-undangan. Hasil penelitian ialah perlindungan hukum dalam sengketa konsumen yang terjadi di salah satu took dimangga dua telah melakukan beberapa pelanggaran terhadap ketentuan yang diatur dalam UUPK yaitu hak konsumen tentang informasi yang benar tentang kondisi dan kualitas produk sebagaimana yang diatur dalam Pasal 4 huruf c UUPK. Selain itu Toko a juga telah melanggar ketentuan mengenai kewajiban pelaku usaha untuk beritikad baik dan memberikan informasi yang benar sebagaimana yang diatur dalam Pasal 7 huruf a dan b UUPK. Dalam sengketa konsumen tersebut Toko a juga telah melanggar aturan mengenai tindakan-tindakan yang bagi pelaku usaha yaitu dan/atau memperdagangkan barang yang tidak sesuai dengan janjinya sebagaimana diatur dalam Pasal 8 ayat (1) huruf f dan ayat (2) UUPK.

This study aims to identify and describe the legal challenges faced by consumers due to the lack of public knowledge of technological developments that make the position of computer sellers and buyers different from one another. The desire to make as much profit as possible sometimes makes sellers do things that can harm consumers. This study aims to examine and analyze the legal protection provided by the Indonesian government to consumers for the sale of software and hardware assemblies in the Mangga Dua electronic area in accordance with laws and regulations on consumer protection and other related regulations. This research is a juridical-empirical research, which is a research that adheres to research objects based on people's behavior as a result of interactions with the available system of norms such as laws and regulations as well as actions that make up laws and regulations. The result of the research is that legal protection in consumer disputes that occurred in one of the shops in Dimangga Dua has committed several violations of the provisions stipulated in the UUPK, namely the consumer's right to correct information about the condition and quality of the product as stipulated in Article 4 letter c of the UUPK. In addition, Shop A has also violated the provisions regarding the obligation of business actors to have good faith and provide correct information as stipulated in Article 7 letters a and b of the UUPK. In the consumer dispute, Shop A has also violated the rules regarding actions for business actors, namely and/or trading goods that are not in accordance with their promises as stipulated in Article 8 paragraph (1) letter f and paragraph (2) UUPK.

Kata Kunci : Keywords: Consumer Protection, Hardware, Software, Consumer Rights. Responsibilities of Businesses

  1. S2-2022-451954-abstract.pdf  
  2. S2-2022-451954-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-451954-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-451954-title.pdf