Analisis Kesukaan Konsumen pada Buah Melon dengan Metode Conjoint
TIARA TANNESHA H, Dr. Nafis Khuriyati, S.T.P., M. Agr.; Ibnu Wahid F. A., S.T.P., M.T.
2022 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIANBuah melon (Cucumis melo L.) merupakan salah satu buah yang telah dikenal oleh masyarakat Indonesia secara luas, termasuk di Daerah Istimewa Yogyakarta. Terdapat beberapa varian melon yang cukup terkenal di Indonesia, yaitu C. melo var. reticulatus, C. melo var. inodorus, dan C. melo var. cantalupensis. Varian melon tersebut memiliki karakteristik yang berbeda yang dapat dibedakan berdasarkan warna, aroma, tekstur kulit, dan sebagainya. Dengan varian yang beragam tersebut, tentunya buah melon memiliki pasarnya masingmasing. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kesukaan konsumen terhadap buah melon berdasarkan atribut mutu yang telah ditentukan serta menganalisis jenis melon yang sesuai untuk masing-masing ritel. Penelitian dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang akan disebarkan ke 50 responden dengan kriteria tertentu di setiap ritel. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan bantuan software SPSS dengan conjoint analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen pada ritel tradisional menyukai buah melon yang memiliki ukuran kecil, daging buah berwarna jingga, aroma kuat, rasa sangat manis, tekstur kulit sedikit berjaring, dan tekstur daging renyah. Pada ritel modern, konsumen menyukai buah melon yang memiliki ukuran besar, daging buah berwarna hijau, aroma kuat, rasa sangat manis, tekstur kulit tidak berjaring, dan tekstur daging renyah. Melon varian Sky Rocket, Glamour, Golden Langkawi, dan Mai 119 sesuai untuk ritel tradisional dan modern. Selain itu, terdapat varian melon lain yang sesuai untuk ritel tradisional yaitu Blewah dan Rock Melon, sedangkan varian melon lain yang sesuai untuk ritel modern adalah Honey Globe dan Action 434.
Melon (Cucumis melo L.) is a fruit that is widely known by the Indonesian people, including in the Special Region of Yogyakarta. There are several variants of melons that are quite well-known in Indonesia, namely C. melo var. reticulatus, C. melo var. inodorus, and C. melo var. cantalupensis. Melon has different characteristics that can be distinguished based on color, aroma, skin texture, and so on. With these various variants, melons have their respective markets. This study was conducted to analyze consumer preferences for melons based on predetermined quality attributes and analyze the types of melons that are suitable for each retail. The research was conducted using a questionnaire that will be distributed to 50 respondents with certain criteria in each retailer. The data obtained were then processed using SPSS software with conjoint analysis. The results showed that consumers at traditional retailers like melons that have a small size, orange flesh, strong aroma, very sweet taste, slightly webbed skin texture, and crispy flesh texture. In modern retail, consumers like melons that have a large size, green flesh, strong aroma, very sweet taste, skin texture that is not webbed, and crispy flesh texture. Melon variants Sky Rocket, Glamor, Golden Langkawi, and Mai 119 are suitable for both traditional and modern retail. In addition, there are other melon variants suitable for traditional retail, namely Cantaloupe and Rock Melon, while other melon variants suitable for modern retail are Honey Globe and Action 434.
Kata Kunci : kesukaan konsumen, melon, conjoint analysis