Laporkan Masalah

PENGARUH PERSON JOB FIT DAN PERSON ORGANIZATIONAL FIT TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN LOYALITAS KARYAWAN (Studi Pada Barista Coffee Shop di Kota Yogyakarta)

KENIKO S. ROOSTANTO, T. Hani Handoko, Dr., M.B.A.

2022 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk mencari sebuah pemahaman yang lebih dalam mengenai cara untuk menurunkan turnover rate dari barista di coffee shop. Kopi adalah industri yang tergolong berkembang secara pesat bahkan tanpa ada penurunan pertumbuhan selama pandemi covid-19. Hal itu membuat manajemen karyawan menjadi sebuah aspek penting dalam pertumbuhan perusahaan. Karyawan yang loyal bisa menjadi aset luar biasa bagi sebuah perusahaan dan juga dapat menghasilkan pertumbuhan dan profitabilitas perusahaan yang terus berkembang (Rishipal, 2019). Topik yang diteliti adalah menguji pengaruh person job fit dan person organizational fit terhadap loyalitas karyawan yang di mediasi oleh kepuasan kerja pada karyawan yang bekerja di coffee shop. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan survei. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk pengujian hipotesis. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu dengan barista yang bekerja di coffee shop dengan lama bekerja minimal 1 tahun. Kuesioner didistribusikan secara daring menggunakan google form dan memperoleh data yang dapat dianalisis sebanyak 150. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan program software SmartPLS 3.2.8. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa person job fit dan person organizational fit memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Begitu juga dengan kepuasan kerja memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas karyawan.

This research has a purpose to get a deeper understanding on how to decrease employees turnover rate for baristas in coffee shops. The coffee industry is one of the industries that experienced a constant growth and did not get infected by the covid-19 pandemic. Human resource management has become one of the most crucial aspects for companies to grow. A loyal employee could be an amazing asset for the whole company and can also trigger growth as well as profit growth (Rishipal, 2019). This research topic will be testing the correlation of person job fit and person organizational fit towards employee loyalty with job satisfaction as a mediating variable. This research is an explanatory research with survey as an instrument. The purpose of this research is to test the hypothesis. The samples were taken with the purposive sampling method that targets baristas with a minimum 1 year experience. The questionnaire were distributed using google form and has got 150 analyzable datas. This research is using descriptive statistics and partial least square method through the SmartPLS 3.2.8. software. The result of this research shows that person job fit and person organizational fit has positive correlation towards job satisfaction. Same goes for job satisfaction that has a positive correlation towards employees loyalty.

Kata Kunci : Person Job Fit, Person Organizational Fit, Kepuasan Kerja, Loyalitas Karyawan, Barista

  1. S2-2022-465065-abstract.pdf  
  2. S2-2022-465065-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-465065-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-465065-title.pdf