Laporkan Masalah

Analisis Dampak On-Street Parking Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus: Jalan Pakuningratan, Kota Yogyakarta)

YEHEZKIEL KARUNIA TAMA, Prof. Ir. Sigit Priyanto, M.Sc., Ph.D.

2022 | Skripsi | S1 TEKNIK SIPIL

Kota Yogyakarta merupakan kota pariwisata sekaligus dikenal sebagai kota pelajar yang pada setiap tahunnya mengalami peningkatan jumlah penduduk. Oleh karena pengaruh tersebut, diperlukan penelitian terhadap ketersediaan prasarana transportasi untuk mengetahui pengaruh on-street parking terhadap kinerja suatu ruas jalan yang kebutuhan parkir dinilai cukup tinggi sehingga mengakibatkan ketidakseimbangan antara ketersediaan ruang parkir dan kebutuhan parkir kendaraan. Lokasi yang dilakukan penelitian adalah Jalan Pakuningratan yang terdapat aktivitas perdagangan, rumah ibadah, sekolah, dan kawasan permukiman pada sisi kiri dan kanan jalan. Survei dan pengambilan data berupa volume lalu lintas, kecepatan rata-rata kendaraan, volume parkir, parking turn-over, akumulasi parkir, indeks parkir, kapasitas ruas jalan, V/C Ratio, dan tingkat kepadatan lalu lintas. Data hasil pengamatan tersebut kemudian dianalisa menggunakan pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, lalu didapatkan kategori dari tingkat pelayanan jalan pada ruas Jalan Pakuningratan. Hasil analisis menunjukkan parameter dari hubungan karakteristik parkir dengan kinerja ruas jalan menunjukkan dampak yang cukup signifikan yang disebabkan oleh kegiatan On-street Parking. Pada saat volume lalu lintas tinggi, kecepatan rerata rendah serta nilai V/C Ratio berbanding tinggi, dimana terjadi pada saat hari Sabtu, 11 Juni 2022 pada pukul 17.00 - 18.00 WIB dengan volume kendaraan sebesar 1687 smp/jam, V/C ratio 0,82, kecepatan rerata ruang 36,09 km/jam, kepadatan 77 kend/jam, dengan kategori LoS "D" yang berarti arus lalu-lintas mendekati tidak stabil dengan kecepatan rendah, sedangkan pada kondisi yang direkomendasikan didapatkan LoS "C" yang berarti arus stabil dan kecepatan gerak terkendali, dengan nilai V/C Ratio sebesar 0,71, dan Kapasitas (C) sebesar 2375,1.

Yogyakarta city is a tourism city as well as known as student city which every year has an increase in population. Because of this, research is needed on the availability of transportation infrastructure to determine the effect of on-street parking on performance a road segment whose parking needs are considered high enough so that resulting in an imbalance between the availability of parking spaces and vehicle parking requirements. The location of the research is Jalan Pakuningratan which there are trading activities, houses of worship, schools, and residential areas on the left and right side of the road. Survey and data collection in the form of past volume traffic, vehicle average speed, parking volume, parking turn-over, accumulation parking, parking index, road capacity, V/C Ratio, and traffic density cross. The data from the observations were then analyzed using the guidelines Indonesian Road Capacity Manual (MKJI) 1997, then the categories were obtained from level of road service on Jalan Pakuningratan. The results of the analysis show the parameters of the relationship between parking characteristics with the performance of the road segment showing a significant impact which caused by On-street Parking activities. At times of high traffic volume, the average speed is low and the value of the V/C Ratio is high, which occurs on Saturday, 11th June, 2022 at 17.00 - 18.00 WIB with volume vehicles of 1687 smp/hour, V/C ratio 0,82, room average speed 36,09 km/hour, density of 77 vehicles/hour, with LoS category "D" which means the traffic flow is approaching unstable at low speed, while at low speed conditions recommended to get LoS "C" which means the current is stable and controlled movement speed, with a value of V/C Ratio of 0,71 and Capacity (C) of 2375,1.

Kata Kunci : V/C Ratio, On-street Parking, Level of Service (LoS)

  1. S1-2022-413882-abstract.pdf  
  2. S1-2022-413882-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-413882-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-413882-title.pdf