Laporkan Masalah

PENGARUH FAKTOR KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PERSEPSI HAMBATAN BISNIS: STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN DI INDONESIA

MOHAMMAD IQBAL FAWZI, Mamduh M. Hanafi, Prof. Dr., M.B.A.

2022 | Tesis | Magister Manajemen

Globalisasi mendorong terjadinya integrasi pasar ekonomi dunia sehingga mendorong setiap negara untuk membentuk iklim bisnis yang kondusif dan mengurangi hambatan bisnis. Terdapat beberapa faktor karakteristik perusahaan yang mempengaruhi persepsi hambatan bisnis yang dihadapi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan terhadap hambatan bisnis yang dihadapi perusahaan, baik secara umum maupun spesifik. Hambatan bisnis yang diuji dalam penelitian ini didasarkan pada persepsi pemilik perusahaan. Sementara itu, karakteristik perusahaan yang menjadi variabel independen adalah kepemilikan asing, kepemilikan negara, kepemilikan perempuan, usia, pengalaman manajerial, ukuran, dan tingkat pertumbuhan. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Business Environment and Enterprise Performance Survey (BEEPS) Bank Dunia pada tahun 2015 di Indonesia. Model yang digunakan untuk menguji pengaruh tujuh karakteristik perusahaan terhadap persepsi hambatan bisnis secara umum adalah regresi tobit. Temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel pengalaman manajerial dan ukuran perusahaan adalah variabel yang berpengaruh secara signifikan. Sedangkan variabel kepemilikan asing, kepemilikan negara, kepemilikan perempuan, usia, dan tingkat pertumbuhan tidak berpengaruh secara signifikan. Kemudian, dalam pengujian yang lebih spesifik, ketujuh faktor karakteristik tersebut memiliki pengaruh yang beragam pada setiap hambatan bisnis yang diteliti.

Globalization encourages the integration of world economic markets so as to encourage each country to form a conducive business climate and reduce business obstacles. There are several factors that affect the characteristics of the company that affect the perception of business obstacles faced by the company. This study aims to examine the effect of company characteristics on business obstacles faced by companies, both in general and specifically. The business obstacles tested in this study are based on the perceptions of the company owners. Meanwhile, the characteristics of companies that become independent variables are foreign ownership, state ownership, female ownership, age, managerial experience, size, and growth rate. The data used in this study was obtained from the World Bank's Business Environment and Enterprise Performance Survey (BEEPS) in 2015 in Indonesia. The model used to examine the effect of the seven characteristics of the company on the perception of business obstacles in general is Tobit regression. The research findings show that managerial experience and firm size are variables that have a significant effect. Meanwhile, the variables of foreign ownership, state ownership, women's ownership, age, and growth rate have no significant effect. Then, in a more specific test, the seven characteristic factors have varying effects on each of the business constraints studied.

Kata Kunci : Hambatan bisnis, Karakteristik perusahaan, BEEPS, Regresi tobit

  1. S2-2022-470974-abstract.pdf  
  2. S2-2022-470974-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-470974-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-470974-title.pdf