Laporkan Masalah

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN NIAT BELI ULANG PADA BATIK PEWARNA ALAM

R.A. KESHARI A.P, Yulia Arisnani Widyaningsih, M.B.A., Ph.D.

2022 | Tesis | Magister Manajemen

Meningkatnya kepopuleran batik setelah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO menjadikan kontribusi industri yang bergerak dibidang industri batik meningkat, hal ini juga yang mendasari perlunya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli batik pewarna alam, meliputi kualitas produk, harga, kepuasan konsumen dan niat beli ulang. Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang pernah membeli batik pewarna alam di Yogyakarta. Metode pengambilan sampel dengan pusposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survei terhadap seratus enam puluh responden Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Smart PLS. Penelitian ini menemukan kualitas produk dan harga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap niat beli ulang, serta kualitas produk dan harga berpengaruh positif terhadap niat beli ulang.

The increasing popularity of batik after being designated as a World Cultural Heritage: the Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity by UNESCO has made the contribution of the industry engaged in the batik industry to increase, this is also what underlies the need for this research. This study aims to analyze the factors that influence consumers in buying natural dyed batik, including product quality, price, consumer satisfaction and repurchase intention. This research was conducted on consumers who had purchased natural dyed batik in Yogyakarta. The sampling method is purposive sampling. Data was collected using a survey method to one hundred and sixty respondents. The collected data were analyzed using Smart PLS. This study found that product quality and price had a positive effect on consumer satisfaction, consumer satisfaction had a positive effect on repurchase intentions, and product quality and price had a positive effect on repurchase intentions.

Kata Kunci : Batik Pewarna Alam, Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen, Niat Beli Ulang

  1. S2-2022-452541-abstract.pdf  
  2. S2-2022-452541-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-452541-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-452541-title.pdf