Laporkan Masalah

FACTORS AFFECTING INTENTION BEHAVIOR TO USE GOPAY: CASE OF MICRO AND SMALL ENTERPRISE FOOD AND BEVERAGE IN JAKARTA

M RASYID RAMADHAN, Didi Achjari, Prof. Dr., M.Com., Ak., CA.

2022 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Perkembangan teknologi telah memungkinkan munculnya berbagai teknologi yang membantu dalam kehidupan sehari-hari salah satunya adalah perkembangan Financial Technology (Fintech). Fintech merupakan salah satu pelayanan finansial yang memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memberikan pelayanan yang berkaitan dengan keperluan keuangan seperti peminjaman dan permodalan bisnis. Salah satu mobile payment yang sudah cukup lama berada di Indonesia adalah GOPAY, mobile payment ini terdapat pada aplikasi GOJEK dan terinstal secara otomatis bersamaan dengan aplikasi GOJEK. GOPAY sendiri memiliki jumlah pengguna aktif terbanyak di tahun 2020 (Katadata, 2020). GOPAY utamanya digunakan untuk melakukan pembayaran pada pelayanan yang disediakan oleh GOJEK seperti; ojek online, pembelian makanan, pengantaran barang, dan lain-lain. Tidak hanya untuk melakukan pembayaran untuk pelayanan yang disediakan GOJEK saja, GOPAY dapat digunakan untuk melakukan pembayaran pada tempat yang menerima pembayaran menggunakan aplikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pengembangan dari teori UTAUT oleh Venkatesh et al. (2003) yang mengambil dari perspektif pemilik usaha oleh Możdży�ski (2018). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor intensi pemilik UMKM sektor kuliner di Daerah Khusus Ibukota Jakarta dalam menggunakan GOPAY sebagai salah satu sistem pembayaran. Peneliti ingin meneliti pengaruh faktor-faktor performance and usefulness expectancy, perceived ease of use, perceived ease of use, dan perceived risk and trust terhadap intensi UMKM sektor kuliner yang berdomisili di DKI Jakarta dalam menggunakan GOPAY. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui pengumpulan data secara langsung dengan menyebarkan Googleform kepada pemilik UMKM yang terdaftar pada website pemerintah dan aplikasi GOJEK. Dari penelitian ini ditemukan perceived risk and trust merupakan faktor secara signifikan mempengaruhi keputusan UMKM kuliner di DKI Jakarta untuk menggunakan GOPAY. Penelitian ini terbatas pada UMKM kuliner di DKI Jakarta. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan faktor-faktor tersebut terutama pada variabel moderasi yang memberikan pengaruh pada variabel independen.

Technological development has enabled the emergence of various technologies that help in everyday life, one of which is a Financial Technology (Fintech). Fintech is a financial service that utilizes technological development in information technology to provide financial services such as loans and business capital. One of the oldest mobile payments that exist in Indonesia is GOPAY. This mobile payment exists in the GOJEK application and is installed automatically with the installation of the GOJEK application. GOPAY has the most user in 2020 (Katadata, 2020). The primary purpose of GOPAY is for payment provided by GOJEK in its application, such as ojek online, ordering delivery food, sending packages, and other services. GOPAY not only can be used for paying benefits from GOJEK but it also can be used to do a transaction in merchants who accepted GOPAY as a payment system. This research will expand the UTAUT theory of Venkatesh et al. (2003), which takes this theory from the merchant perspective model by Możdży�ski (2018). This study was conducted to investigates factors that affect intentions by MSMEs in the food and beverage sector in Jakarta in using GOPAY as one of their payment systems. The researcher wanted to understand effect factors of performance and usefulness expectancy, perceived ease of use, ease of use, dan perceived risk, and trust toward intention by MSMEs in Jakarta's food and beverages industry to adopt GOPAY as their payment system. Primary is being used in this research, data gained from spread questioner toward MSMEs registered in government website and GOJEK application. This study found that perceived risk and trust are the significant factors that affect choosing GOPAY MSMEs in Jakarta's food and beverage characteristics. Future studies can develop aspects mention, especially in moderating variables effects toward independent variables.

Kata Kunci : Kata kunci: Fintech, Mobile Payment, UTAUT, GOPAY, UMKM kuliner, intensi faktor-faktor intensi

  1. S1-2022-415858-abstract.pdf  
  2. S1-2022-415858-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-415858-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-415858-title.pdf