Laporkan Masalah

ANALISIS GAYA BAHASA PADA IKLAN ASURANSI KOREA SELATAN DALAM KAJUAN SEMANTIK

AULIA MEIDY RISQITA, Hwang Who Young, M.A

2022 | Skripsi | S1 BAHASA DAN KEBUDAYAAN KOREA

Penelitian ini menganalisis gaya bahasa yang digunakan dalam iklan asuransi di Korea Selatan untuk mengetahui karakteristik dari penggunaannya di dalam iklan. Dalam penelitian ini akan dijelaskan bagaimana pembicara iklan, mencakup model dalam iklan dan sulih suara, menyampaikan isi dari iklan dengan menggunakan berbagai macam gaya bahasa. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah iklan penawaran jasa asuransi dalam bahasa Korea milik 3 perusahaan asuransi Korea yang diperoleh melalui kanal YouTube resmi perusahaan. Penelitian dilakukan dengan menyimak tulisan yang tertulis dalam video serta mendengarkan penggunaan bahasa Korea dalam iklan yang sudah dipilih, lalu mengumpulkan sekaligus menganalisis kalimat ke dalam beberapa gaya bahasa yang sesuai. Mengklasifikasikan hasil analisis menggunakan teori gaya bahasa yang membantu peneliti untuk memahami jenis-jenis gaya bahasa yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan pada 35 video iklan asuransi milik Samsung Fire & Marine Insurance, Hyundai Marine and Fire Insurance dan KB Insurance yang diteliti, hanya terdapat 12 jenis dari 65 jenis gaya bahasa dari teori gaya bahasa milik Kim Wook-dong. Tetapi hal ini telah menunjukkan jika gaya bahasa yang digunakan dalam iklan-iklan tersebut sudah mencukupi dan menjelaskan fungsi digunakannya gaya bahasa dalam iklan. Oleh karena itu, penelitian ini dapat menunjukan jika beberapa gaya bahasa memang sengaja dipilih untuk menyampaikan maksud atau pesan dari iklan dengan lebih menarik.

This study analyzes the language style used in insurance advertisements in South Korea to determine the characteristics of its use in advertisements. In this study, it will be explained how the advertisement speaker, including the model in the advertisement and voiceover, conveys the content of the advertisement using various language styles. The object used in this study is an advertisement for insurance service offerings in Korean owned by 3 Korean insurance companies obtained through the company's official YouTube channel. The research was conducted by to the text written in the video and listening to the use of Korean in the selected advertisements, then collecting and analyzing sentences into several appropriate language styles. Classifying the results of the analysis using language style theory which helps researchers to understand the types of language styles used. The results showed that in 35 insurance advertisement videos belonging to Samsung Fire & Marine Insurance Hyundai Marine and Fire Insurance and KB Insurance which were studied, only 12 types were found out of 65 types from Kim Wook-dong's languange style theory. But this has shown if the style of language used in these advertisements is sufficient and explains the function of using language style in advertisements. Therefore, this study can show if some language styles are deliberately chosen to convey the intent or message of the advertisement more attractively.

Kata Kunci : iklan, iklan asuransi Korea Selatan, gaya bahasa, semantik

  1. S1-2022-399542-abstract.pdf  
  2. S1-2022-399542-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-399542-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-399542-title.pdf