Laporkan Masalah

STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH AGRAPANA MEATSHOP YOGYAKARTA

HENDRA PURNOMO AJI, Prof. Ir. Budi Guntoro, S.Pt., M.Sc., Ph.D. IPU., ASEAN Eng.;Dr. Ir. Tri Anggraeni Kusumastuti, SP., MP., IPM.

2022 | Skripsi | S1 ILMU DAN INDUSTRI PETERNAKAN

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) keberadaannya sangat penting karena merupakan salah satu penggerak ekonomi bangsa. Agrapana Meatshop merupakan salah satu usaha di bidang peternakan yang menyediakan daging ayam ras potong dan olahan daging ayam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran Agrapana Meatshop. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2021. Analisis dimulai dari identifikasi faktor lingkungan eksternal dan internal menggunakan analisis SWOT, Matriks IFE dan EFE. Hasil analisis berdasarkan Matriks IFE kekuatan utama Agrapana Meatshop adalah stabilnya pengadaan bahan baku dengan skor 0,48. Kelemahan utama Agrapana Meatshop yaitu lokasi jauh dari kota dengan skor 0,19. Berdasarkan perhitungan Matriks EFE peluang utama Agrapana Meatshop yaitu kecenderungan masyarakat membeli produk daging ayam yang relatif lebih murah dibandingkan produk daging sapi dengan skor 0,47. Ancaman utama Agrapana Meatshop yaitu perekonomian yang tidak stabil sehingga mempengaruhi daya beli konsumen, dengan skor 0,32. Strategi pemasaran Agrapana Meatshop yaitu memperkuat image baik Agrapana Meatshop dengan cara memberikan pelayanan yang baik serta menyediakan produk yang berkualitas baik, promosi dan penjualan melalui social media, meningkatkan penjualan produk yang berkualitas baik dengan harga terjangkau.

Micro Small And Medium Enterprise or commonly (MSME) are very important because they are one of important of the nation's economy. Agrapana Meatshop is one of businesses in the livestock sector that provides broiler chicken meat dan processing chicken meat. This study aims to determine the strength, weakness, opportunities, threats and analyze exsternal and internal environment factors of Agrapana Meatshop. Analysis using SWOT analysis, Matrixs IFE and EFE. The research was conducted in Juni 2021. The result of the analysis show that based on the Matrixs IFE, the main strenght of Agrapana Meatshop is that stable procurement of raw materials, with a score 0,48. While the main weakness of Agrapana Meatshop which is far grom the city, with a score 0,19. Based on the calculation of the EFE Matrix, the main opportunity for Agrapana Meatshop is the tendency of people to buy chicken meat products which are relatively cheaper than beef meat products with a score of 0.47. The main threat of Agrapana Meatshop is an unstable economy that affects consumer purchasing power, with a score of 0.32. Agrapana Meatshop's marketing strategy is to strengthen the good image of Agrapana Meatshop by good service and good quality products, promotion and sales through social media, increasing sales of good quality products at affordable prices.

Kata Kunci : UMKM, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Matriks EFE dan IFE

  1. S1-2022-368242-abstract.pdf  
  2. S1-2022-368242-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-368242-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-368242-title.pdf