Laporkan Masalah

Pengaruh Terpaan Video Kampanye Generasi Micin Terhadap Efektivitas Kampanye Generasi Micin Oleh PT Sasa Inti di Media Sosial Youtube

INDAH RAMADHANI, Dr. Muhamad Sulhan, S.IP, M.Si

2021 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Kampanye Generasi Micin adalah kampanye yang berlangsung oleh PT Sasa Inti pada awal tahun 2020. Kampanye ini berlangsung di berbagai media. Salah satunya adalah media sosial Youtube. Dengan penelitian ini, peneliti ingin mencari tahu hubungan antara terpaan video kampany dengan tingkat efektivitas dari kampanye Generasi Micin. Penelitian ini memiliki fokus untuk mengetahui hubungan antara terpaan video kampanye sebagai variabel independen dan tingkat efektivitas kampanye sebagai variabel dependen. Teori Jarum Suntik dan pandangan Stimulus-Respon menjadi landasan teori untuk menggambarkan variabel independen mempengaruhi variabel dependen. Peneliti menemukan terpaan video kampanye Generasi Micin memiliki pengaruh yang signifikan dengan efektivitas kampanye generasi micin pada tingkat kognitif, afektif dan behavioral, melalui pengolahan statistik 400 data responden generasi milenial Indonesia yang lahir pada tahun 1981 s/d 2000. Penelitian mengenai efektivitas kampanye ini memiliki posisi yang penting untuk melakukan evaluasi dan menjadi dasar agar dapat mengambil keputusan terkait strategi kampanye selanjutnya.

The Generasi Micin campaign is a campaign that started by PT Sasa Inti in early 2020. This campaign took place in various media, one of which was Youtube. With this study, the researcher wanted to find out the relationship between exposure to campaign videos and the effectiveness of the Generasi Micin campaign. This study focuses on knowing the relationship between exposure to campaign videos as an independent variable and the level of campaign effectiveness as the dependent variable. The Syringe Theory and the Stimulus-Response view become the theoretical basis to describe the independent variable influencing the dependent variable. The researcher found that exposure to the "Generasi Micin" campaign video had a significant effect on the effectiveness of the Micin Generation campaign at the cognitive, affective and behavioral levels, through statistical processing of 400 Indonesian millennial generation respondents who were born between 1981 and 2000. Research on the effectiveness of this campaign has an important position to evaluate and become the basis for making decisions regarding the next campaign strategy.

Kata Kunci : Campaign, Exposure of Video Campaign, Effectivity Level of Campaign

  1. S1-2021-409859-abstract .pdf  
  2. S1-2021-409859-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-409859-tableofcontent .pdf  
  4. S1-2021-409859-title.pdf