DINAMIKA FUNGSI GOSIP DI DUNIA VIRTUAL: Studi Netnografi pada Akun Gosip @ifotainment di Media Sosial Instagram
HAIRUM FELLAYATI, Budi Irawanto, M.A., Ph.D.
2021 | Tesis | MAGISTER ILMU KOMUNIKASIPenelitian ini bertujuan untuk melihat dinamika fungsi gosip di dunia virtual khususnya pada akun gosip @ifotainment melalui interaksi pengikut di kolom komentar. Gosip yang biasanya terjadi dalam kelompok masyarakat yang saling mengenal, kini memiliki jangkauan yang lebih luas karena diwadahi oleh media sosial. Karakteristik media baru juga turut menunjang perubahan fungsi gosip online ini. Menggunakan metode netnografi, peneliti menganalisis interaksi yang terjadi dengan Analisis Media Siber (AMS). Uraian empat level AMS menunjukkan bahwa gosip online tidak jauh berbeda dari gosip offline. Fungsi gosip masih tetap berlaku di dunia virtual. Bedanya, interaksi bisa terjadi meski warganet yang terlibat tidak saling mengenal asalkan akun mereka terhubung dengan @ifotainment. Fungsi gosip pun pada akhirnya mencakup ranah yang lebih luas, bukan di komunitas tertentu saja. Aliran gosip termasuk sentimen yang ada di dalamnya sangat dipengaruhi oleh citra dan pelabelan terhadap sosok yang dibicarakan. Tidak hanya itu, keberadaan fans dan haters turut memengaruhi dominasi sentimen.
This study aims to see the dynamics of the gossip functions in the virtual world, especially on the @ifotainment gossip account through follower interactions in the comments column. Gossip, which usually occurs in groups of people who know each other, now has a wider reach because it is accommodated by social media. The characteristics of new media also support the changing function of online gossip. Using the netnographic method, the researcher analyzes the interactions that occur with Cyber Media Analysis (CMA). The description of the four levels of CMA shows that online gossip is not much different from offline gossip. The gossip functions still applies in the virtual world. The difference is, interactions can occur even if the netizens involved don't know each other as long as their accounts are linked to @ifotainment. In the end, the function of gossip covers a wider area, not just in certain communities. The flow of gossip, including the sentiment in it, is strongly influenced by the image and labeling of the person being discussed. The presence of fans and haters also influences the domination of sentiments.
Kata Kunci : gosip, virtual, interaksi, netnografi, AMS, online